Siapa Orang Indonesia yang Masuk Forbes 30 under 30?

Orang Indonesia yang masuk Forbes 30 Under 30 (Foto: Forbes)

Orang Indonesia yang masuk Forbes 30 Under 30 (Foto: Forbes)

Like

Majalah bisnis keuangan Forbes telah mengeluarkan daftar 30 under 30 tahun 2023. Dalam daftar ini ada beberapa orang Indonesia yang berhasil masuk. Siapa saja mereka?

Forbes 30 under 30 adalah daftar yang merangkum orang-orang berpengaruh dari berbagai penjuru dunia yang berusia kurang dari 30 tahun. Forbes mengklasifikasikan daftar ini berdasarkan wilayah atau benua yang ada di dunia.

Indonesia yang masuk ke benua asia masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia. Bersama dengan anak muda lain dari Asia, Indonesia ada di 6 klasifikasi.


Orang Indonesia yang Masuk Forbes 30 under 30


Ada banyak anak muda dari Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes 30 under 30.


1. Alwyn Rusli


Ia adalah seorang investor dari Trihill Capital. Alwyn masuk dalam klasifikasi Finance & Venture Capital. Alwyn telah mendukung lebih dari sepuluh perusahaan rintisan tahap awal dan dana VC. 


Setelah lulus dari Universitas Teknologi Nanyang, ia ikut mendirikan perusahaan konstruksi yang berfokus pada bangunan komersial dan proyek industri di Indonesia. Saat ini ia baru berusia 26 tahun.

Baca Juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2023 Versi Forbes, Sekaya Apa Sih?


2. Giovanni Wilson


Saat ini ia bekerja di AC Ventures sebagai Senior Investment Analyst dan berspesialisasi dalam fintech, agritech, media, dan logistik. Dia terlibat dalam investasi di startup seperti Astro, IDN Media dan EdenFarm. 

Sebelumnya, Wilson bekerja di bank investasi butik dan firma penasehat Panasean Investama Indonesia pada M&A di infrastruktur ritel, perawatan kesehatan, dan telekomunikasi. Usianya 26 tahun.


3. Mirsa Sadikin dan Afra Sausan


Dari klasifikasi Enterprise Technology ada mereka yang merupakan co-founders Biteship. Biteship bertujuan untuk menyederhanakan manajemen logistik bagi perusahaan Indonesia.

Berdiri pada tahun 2019, mereka telah bekerja dengan perusahaan kurir termasuk FedEX, Grab, dan J&T express dalam mengumpulkan dana awal yang tidak diungkapkan pada Juni 2022, dipimpin bersama oleh Beenext dan East Ventures. 

Mirsa Sadikin berusia 27 tahun dan Afra Sausan berusia 25 tahun.


4. Andre Septiano


Pria berusia 28 tahun ini merupakan pendiri dan CFO perusahaan logistik Fresh Factory telah menjalankan lebih dari 40 gudang rantai dingin di 22 kota di Indonesia. 

Fresh Factory baru-baru ini mengumpulkan US$4,15 juta pra-seri A yang dipimpin oleh SBI Ven Capital. 
Ia masuk daftar forbes dalam klasifikasi industry, manufacturing, & energy.


5. Bayu Anggara


Bayu Anggara merupakan salah satu pendiri dan CEO FishLog, pasar B2B yang menghubungkan perikanan rantai dingin terfragmentasi di Indonesia dan menghubungkannya dengan pemangku kepentingan seperti gudang, nelayan, dan pembeli

Saat ini usianya 28 tahun dan masuk daftar forbes dalam klasifikasi industry, manufacturing, & energy.

Baca Juga: Ini Daftar Forbes 30 Under Arrest! Hah Memangnya Ada?


6. Febi Ifdillah dan Lintang Kusuma Pratiwi


Mereka berdua merupakan co-founder Elevarm yang diluncurkan tahun 2022 sebagai aplikasi yang membantu petani di Indonesia mengidentifikasi penyakit tanaman dan mendapatkan panduan yang dipersonalisasi menggunakan data seperti satelit dan prediksi cuaca. 

Febi Ifdillah berusia 25 tahun dan Lintang Kusuma Pratiwi berusia 26 tahun. Keduanya masuk daftar forbes dalam klasifikasi industry, manufacturing, & energy.

 
7. Clara Carina Lukito dan Claudia Sastra


Dari klasifikasi retail & e-commerce ada Lukito dan Sastra yang mendirikan Little Joy, pada Desember 2021, sebuah perusahaan yang bercita-cita mengatasi stunting tingkat tinggi di kalangan anak-anak Indonesia dengan menghadirkan suplemen.

Clara Carina Lukito saat ini berusia 29 tahun dan Claudia Sastra berusia 29 tahun.


8. Clinton Augusto Kartawijaya dan Sally Varsly


Masih dari klasifikasi retail & e-commerce, mereka membangun merek Muscle First tahun 2017 menawarkan pilihan bubuk protein yang lebih terjangkau dan rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia.

Clinton Augusto Kartawijaya dan Sally Varsly sama-sama berusia 27 tahun.


9. Tiffany Danielle


Masih dari klasifikasi yang sama, Tiffany terkenal karena merupakan co-founder merek make up dan skin care Rose All Day. Perusahaan yang didukung oleh AC Ventures dan GIA Ventures.

Tiffany Danielle berusia 27 tahun.


10. Eko Pujianto


Nama Eko Pujianto sudah cukup terkenal di Indonesia karena merupakan CEO Sari Kreasi Boga, perusahaan F&B yang mengelola merek waralaba, termasuk jaringan kebab Kebab Baba Rafi, dengan lebih dari 900 mitra.

Usianya saat ini 29 tahun dan masuk daftar dalam klasifikasi retail & e-commerce.

Baca Juga: Ini Daftar Forbes 50 Over 50: Asia 2023, Ada Menkeu Sri Mulyani!


11. Felix Saputra


Felix merupakan co-founder Satu Dental. Dalam waktu kurang dari setahun sejak diluncurkan, startup ini membuka 14 klinik di wilayah Jakarta yang lebih luas, menampung sekitar 100 dokter gigi.

Saat ini ia berusia 28 tahun dan masuk daftar dalam klasifikasi retail & e-commerce.


12. Steffina Yuli


Yuli adalah chief business officer di edtech Kipin, yang memungkinkan sekolah-sekolah di Indonesia mengakses perpustakaan digital yang berisi lebih dari 60.000 video, buku, komik literasi, dan uji coba.

Ia berusia 29 tahun dan masuk dalam klasifikasi social impact.


13. Silvano Christian


Dari klasifikasi arts atau seni ada CEO Dapur Cokelat. Ia juga memprakarsai Chill'n Box, untuk melayani pasar yang lebih muda, dan baru-baru ini mendapatkan investasi yang dirahasiakan dari agregator merek Tjufoo.

Silvano Christian berusia 29 tahun.


14. Benita Setyawan dan Janice Setyawan


Masih dari klasifikasi yang sama, kembar Setyawan ini menciptakan merek fashion Indonesia MAQUINN pada tahun 2017. MAQUINN menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di Milan Fashion Week Spring/Summer 2021.

Mereka berdua berusia 26 tahun.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.