Resmi, Inilah Logo IKN yang Penuh Makna!

Pohon Hayat karya Aulia Akbar resmi menjadi logo IKN (Sumber Gambar: Kemenko PMK)

Pohon Hayat karya Aulia Akbar resmi menjadi logo IKN (Sumber Gambar: Kemenko PMK)

Like

Halo Be-emers! Udah pada tau belum nihh? Pada Selasa, 30 Mei 2023 yang lalu, Presiden Joko Widodo dengan penuh semangat mengumumkan bahwa Pohon Hayat telah resmi menjadi logo IKN di Istana Negara.

Wah, logo ini nanti akan menjadi identitas keren untuk IKN, lho! Temanya adalah Pohon Hayat yang punya banyak makna seru. Desain logo IKN ini dibuat oleh Aulia Akbar, seorang desainer hebat yang terpilih dari banyak peserta dalam sayembara desain. Keren banget!


Siapa yang Memilih Logo IKN Nusantara?


Oh iya, Be-emers, logo IKN Nusantara ini bukan dipilih oleh Jokowi aja, tapi juga dipilih oleh kita, rakyat Indonesia. Sebelumnya, kita semua bisa ikut voting untuk memilih satu dari lima logo yang tersedia dari tanggal 04 April 2023 sampai 20 Mei 2023.

Dari hasil voting yang seru itu, ternyata logo buatan Aulia Akbar berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 500.260 suara dari berbagai provinsi di Indonesia. Wih, partisipasinya luar biasa!

Baca Juga: 5 Potensi Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Baru


Inspirasi dan Filosofi Logo IKN Nusantara



Seperti yang dilansir dari Bisnis.com, logo IKN Nusantara terinspirasi dari simbolisme pohon yang ada di berbagai belahan dunia, mulai dari barat hingga timur. Pohon itu melambangkan sumber kehidupan dan kekayaan alam Indonesia yang melimpah. Keren, kan?

Gambar pohon hayat dalam logo ini dirancang dengan 5 akar ideologi Pancasila yang tumbuh dan berubah menjadi tujuh batang yang melambangkan pulau-pulau besar di Indonesia.

Seperti kita sebagai masyarakat maritim dengan wawasan Nusantara, kita melihat laut dan sungai sebagai penghubung yang menyatukan semuanya menjadi satu lingkaran utuh. Di logo ini, kita juga bisa melihat 17 kembang mekar yang melambangkan kemerdekaan yang abadi. Seru banget!

Pohon hayat sendiri adalah konsep yang dikenal di seluruh dunia, Be-emers. Di beberapa budaya, pohon ini melambangkan sumber kehidupan, kekuatan yang menyatukan semua makhluk hidup, atau siklus hidup dan kematian itu sendiri. Seru, ya?

Menurut laman menpan.go.id, makna dari simbol pohon hayat di logo IKN adalah bahwa pohon ini akan menciptakan tempat baru yang penuh kehidupan untuk semua orang dan akan menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Wah, keren banget!

Presiden juga bilang bahwa logo ini punya filosofi yang sejalan dengan semangat pengembangan IKN dan menunjukkan kebanggaan kita terhadap keberagaman bangsa Indonesia yang besar dan majemuk.

Baca Juga: Berkah Pembangunan Ibu Kota Baru Indonesia bagi Saham di Sektor infrastruktur

Logo ini juga diharapkan bisa meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga alam, lingkungan, dan ekosistemnya. Lebih dari itu, logo IKN Nusantara juga menjadi ikhtiar dan usaha untuk mempercepat pembangunan IKN sebagai Ibukota di masa depan. Kita semua harus ikut menjaganya, ya!

Aulia Akbar, sang desainer logo IKN Nusantara, juga memberikan penjelasan menarik. Menurutnya, pohon hayat dalam logo ini menjadi simbol keberagaman di Indonesia yang bisa bersatu seperti bendera merah putih. Keren banget, kan?

Jadi, itulah, Be-emers, arti dari logo IKN Nusantara yang secara garis besar melambangkan sumber kehidupan bagi semua orang di tempat baru dan juga sebagai ciri jati diri bangsa Indonesia yang hebat. Merdeka!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.