Gejala Digital Eye Strain dan Cara Menguranginya, Kamu Harus Terapkan!

Mata merupakan salah satu organ penting kita

Mata merupakan salah satu organ penting kita

Like

Mata merupakan bagian penting dari organ kita, sehingga kita perlu menjaga kesehatannya. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Cara tersebut misalnya dengan menggunakan kacamata anti UV, menggunakan krim mata, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi yang bagus untuk kesehatan mata. 

Meskipun demikian kesehatan mata kita juga dapat menurun karena kita terlalu sering menatap layar-layar elektronik, baik layar ponsel, layar komputer, ataupun layar televisi.

Penurunan kesehatan mata yang disebabkan karena kita terlalu sering menatap layar elektronik inilah yang disebut sebagai digital eye strain atau kadang juga dikenal dengan istilah computer vision syndrome

Baca Juga: Reset Otak dengan Dopamine Detox, Bagaimana Caranya?


Cara Mengurangi Gejala Digital Eye Strain 

 

Menatap layar gadget bisa menyebabkan digital eye strain (Foto: Canva)

Menatap layar gadget bisa menyebabkan digital eye strain (Foto: Canva)



1. Lakukan istirahat mata


Istirahat mata dapat dilakukan dengan cara melihat pemandangan jarak jauh, sejauh minimal enam meter, minimal selama 20 detik, dan ini dilakukan setiap kita menatap layar komputer selama 20 menit.


2. Atur pencahayaan dan posisi duduk


Atur pencahayaan di ruangan agar tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu gelap. Posisi duduk juga perlu diatur, yaitu dengan cara mengatur jarak mata dengan layar elektronik.

Selain itu, atur posisi layar elektronik agar sejajar dengan mata kita. Ini bisa menggunakan bantuan alat seperti stand laptop.


3. Lakukan olahraga mata

 

Gerakan olahraga mata (Foto: Canva)

Gerakan olahraga mata (Foto: Canva)


Olahraga mata ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi dan kesehatan mata. Olahraga mata ini dapat dilakukan antara lain dengan cara:
  1. Melakukan kedip mata dengan cepat dan banyak 
  2. Fokus melihat ke suatu benda yang dilakukan dengan berbagai jarak
  3. Menggerakan mata ke berbagai arah
  4. Mengamati benda yang sedang bergerak


Baca Juga: Kacamata Anti Radiasi Komputer dan Manfaatnya


4. Konsumsi makanan untuk kesehatan mata


Lutein dan zeaxanthin merupakan senyawa yang ditemukan di retina, yang berfungsi untuk melindungi kerusakan mata akibat paparan sinar UV dan blue light.

Lutein dan zeaxanthin ini banyak terdapat pada sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, kangkung, dan caisim.

Omega-3 fatty acids merupakan senyawa pada makanan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kekeringan mata, membantu fungsi kerja retina mata, dan membantu mengurangi gejala age-related macular degeneration, atau gangguan penglihatan akibat menurunnya fungsi mata.

Senyawa ini banyak terdapat pada ikan salmon, makarel,  sarden, biji chia, dll.

Protein, zat besi, kalsium, dan vitamin B2, juga senyawa pada makanan yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Kita bisa mendapatkan paket lengkap senyawa ini pada tempe. 

Vitamin A membantu mencegah katarak dan kebutaan mata. Antioksidan dan mineral dapat melindungi mata dari kerusakan. Paket lengkap ketiga jenis senyawa ini juga bisa kita didapatkan di satu jenis makanan, seperti wortel dan ubi jalar.


5. Habiskan banyak waktu di luar ruangan

 

Habiskan waktu di luar ruangan (Foto: Canva)

Habiskan waktu di luar ruangan (Foto: Canva)


Lingkungan sekitar juga sangat mempengaruhi kesehatan pada mata. Setiap harinya harus meluangkan waktu di luar ruangan, terutama pada hari libur. Lebih baik lagi untuk memandang objek yang berwarna hijau.


6. Minum air mineral 


Air mineral penting tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga kesehatan mata. Air mineral berfungsi untuk mencegah kekeringan pada mata.


7. Gunakan tetes mata


Obat tetes mata yang biasanya digunakan untuk mengobati digital eye strain biasanya mengandung pelumas mata, zat anti radang, dan zat anti oksidan. Tetapi lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat-obat tetes mata tersebut.

Nah, semoga meskipun tuntutan jaman memaksa generasi kita untuk tetap menatap layar elektronik berlama-lama, dengan cara-cara di atas semoga dapat membantu mengurangi gejala digital kerusakan mata kita ya.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.