Ragu Akun Palsu? Ini Cara Cek Centang Biru Instagram yang Beli dan Tidak!

Meta Verified - Sumber gambar: Meta

Meta Verified - Sumber gambar: Meta

Like

Setelah melakukan pengujian dibeberapa negara, Instagram kini meluncurkan fitur Meta Verified di Indonesia. Fitur ini mewajibkan pengguna melakukan pembayaran atau langganan untuk bisa mendapatkan centang biru.

Nantinya lencana verifikasi ini akan muncul tidak hanya di Instagram saja, akan tetapi juga muncul di akun Facebook dan aplikasi Threads yang terhubung.

Pengguna yang ingin memiliki lencana verifikasi centang biru bisa dilakukan dengan membeli paket langganan bulanan sebesar Rp100.000 melalui website atau Rp130.000 melalui aplikasi Android dan IOS.

Meski begitu, tidak sedikit juga yang menyalahgunakan fitur ini dengan membuat fake account atau akun palsu yang menyerupai tokoh penting, publik figur, atau brand-brand ternama.

Sehingga, kita bingung untuk membedakan mana akun yang asli dan palsu, karena keduanya memiliki lencana verifikasi centang biru dari Instagram.


Baca Juga: Ingin Akun Instagram Verified ? Ikuti 5 Langkah Mudahnya di Sini!
 

Cara Cek Akun Palsu di Instagram


Namun, untuk mengatasi hal-hal tersebut dan mencegah terjadinya tindakan penipuan, kamu bisa melakukan pengecekan terhadap akun yang dicurigai dengan cek centang biru akun instagramnya apakah berasal dari beli langganan Meta Verified atau tidak. 

Begini cara cek centang biru akun Instagram yang beli Meta Verified dan tidak, simak langkah-langkahnya dibawah ini:
  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Pilih salah satu akun random (bukan akun yang ingin dicek)
  3. Pada bagian profil, klik titik 3 (tiga) dipojok kanan atas lalu pilih Laporkan
  4. Setelah itu pilih Laporkan Akun
  5. Selanjutnya pilih profil ini berpura-pura menjadi orang lain
  6. Lalu pilih selebriti atau tokoh publik
  7. Terakhir silahkan ketikkan nama akun yang ingin dicek
  8. Selesai
Baca Juga: Threads Instagram, Platform Saingan Twitter Persembahan Meta!

Apabila pada pencarian akun pengguna instagram diatas tidak ditemukan, sudah dipastikan bahwa akun instagram itu berasal dari pembelian langganan Meta Verified.

Akan tetapi jika akun instagram yang dicari muncul dan terlihat tanda centang biru di akunnya berarti akun tersebut asli dan mendapatkan lencana verifikasi langsung dari Instagram. 

Gimana, apakah kamu sudah mencobanya? Sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi membedakan apakah akun instagram yang memiliki lencana verifikasi centang biru asli atau tidak. Karena kamu bisa melakukan pengecekan lewat fitur laporkan ini, semoga bermanfaat.  

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.