Ingin Akun Instagram Verified ? Ikuti 5 Langkah Mudahnya di Sini!

Instagram verified (Sumber: Pixabay.com)

Instagram verified (Sumber: Pixabay.com)

Like

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan media sosial Instagram, sebab platform media sosial satu ini disebut sebut sebagai salah satu yang paling populer di dunia. Di Instagram, kamu tentu pernah menemukan tanda centang biru pada nama akun seseorang. 

Cara membuat konten menarik di Instagram juga perlu menganalisa dengan baik target audiens dan fokus dari konten kamu. Sehingga, konten yang kamu berikan tergolong user generated content yang bisa membuat audiensmu bisa semakin loyal. 

Centang biru tersebut merupakan lencana yang artinya akun yang bersangkutan telah diverifikasi keasliannya. Memiliki akun Instagram verified, bisa membuat akun kamu terlihat lebih profesional dan memberikan banyak keuntungan. Berikut langkah mudah mendapatkan centang biru.


1. Persiapkan Dokumen

Untuk memiliki centang biru pada akun instagram, kamu sebelumnya harus mempersiapkan beberapa hal. Pasalnya centang biru ini tidak dapat dimiliki oleh semua orang begitu saja tepat setelah mereka memiliki akun instagram. Verifikasi akun sendiri biasanya lebih mudah pada akun yang populer.

Atau akun akun pemerintah yang memiliki potensi risiko untuk dipalsukan, maka lencana verifikasi akan diberikan dengan mudah oleh pihak Instagram. Sedangkan pada akun komunitas atau atas nama perorangan umumnya jauh lebih sulit.
Kamu harus mempersiapkan list media coverage, baik online dalam bentuk url maupun offline atau foto. Selain itu kamu harus sering atau setidaknya pernah beriklan di Facebook serta Instagram, lalu kamu tidak boleh memiliki riwayat pelanggaran aturan Instagram.


2. Lakukan Pengajuan Verifikasi Akun dari Instagram

Setelah mempersiapkan beberapa dokumen, agar akun Instagram verified maka kamu harus melakukan pengajuan melalui aplikasi tersebut. Cara pengajuannya yaitu buka menu settings yang ada di sebelah kanan tampilan Instagram, lalu masuk dalam menu request verification.


Pada menu tersebut, kamu akan diminta mengunggah sertifikat merek, legalitas, dan list media coverage untuk akun brand, atau mengenai data diri apabila untuk akun pribadi. Proses pengajuan tersebut memakan waktu yang cukup lama, dan progres pengajuannya juga tidak bisa diketahui.

Baca juga: Instagram Bisnis: Kelebihan & Kekurangannya untuk Bisnis


3. Lakukan Pengajuan Verifikasi Akun Melalui Facebook

Kamu juga bisa melakukan verifikasi akun Instagram melalui aplikasi Facebook. Melalui Facebook representative, kamu akan mendapat informasi progres pengajuan yang lebih jelas. Facebook representative ini juga tidak bisa dimiliki secara langsung oleh semua penggunanya.

Terdapat 2 alternatif yang bisa dilakukan agar bisa memiliki Facebook representative, yaitu memasang Facebook dan Instagram Ads dengan biaya minimal USD 15.000 per 3 bulannya, atau kamu bisa beriklan melalui agency yang telah diakui secara resmi oleh pihak Facebook.

Setelah memiliki Facebook representative ini, kamu bisa melakukan pengajuan Instagram verified. Caranya yaitu dengan memberikan beberapa data seperti ID akun ikan, URL Facebook page, URL Instagram serta excel yang isinya yaitu list media coverage milikmu.


4. Tunggu Proses Pengajuan

Apabila pengajuan verifikasi akun telah kamu lakukan, maka tunggu selama kurang lebih satu minggu. Biasanya pengajuan melalui Facebook representative akan memakan sekitar waktu tersebut, setelah itu kamu akan mendapat hasilnya apakah Instagram kamu diverifikasi atau tidak.

Dari hasil tersebut, akan terdapat beberapa kemungkinan. Bisa saja akun kamu diberi verifikasi semua baik itu Facebook maupun Instagram, salah satu saja yang diverifikasi misalnya Facebook page menjadi verified namun akun Instagram tidak, atau keduanya ditolak.


5. Pengajuan Verifikasi Ulang

Apabila hasil dari proses pengajuan mendapatkan penolakan, maka jangan berkecil hati. Kamu bisa memperbaiki syarat syarat dokumen yang ada kemudian melakukan pengajuan ulang. Umumnya pengajuan ulang tersebut bisa dilakukan setelah 30 hari, dari proses pengajuan sebelumnya.

Sebelum mengajukan Instagram verified kembali, sebaiknya kumpulkan 3 hingga 5 media coverage yang berkualitas agar kemungkinkan diterimanya pengajuan semakin besar. Keputusan diterima atau ditolaknya pengajuan verifikasi ini adalah keputusan mutlak dari pihak Facebook dan Instagram.

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak ada minimal jumlah follower yang harus dipenuhi ketika melakukan pengajuan verifikasi tersebut. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati bila hanya memiliki sedikit pengikut di media sosial Instagram, ikuti langkah yang ada maka akun kamu akan bercentang biru.

Baca juga: Lebih Praktis, Berikut 4 Cara Bikin Brand Sendiri yang Mudah Untuk Diingat