Gelombang 59 Sudah Dibuka, Ini Caranya Agar Lolos Prakerja!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Siapa di sini yang masih menunggu gelombang 59 Prakerja? Nah, buat kamu yang sudah sering daftar Prakerja, tapi tak kunjung lolos, kamu sudah terapin hal ini?

Dikutip dari Kemenkar.co.id, Prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk Pencari kerja, Buruh/Pekerja yang terkena PHK, atau Pekerja yang sedang ingin mengembangkan kompetensi.

Dengan mengikuti kegiatan Prakerja, Pekerja yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan untuk mengembangkan kompetensi dasar dan hanya diberikan seumur hidup sekali untuk tiap peserta.

Dan kabarnya, Prakerja gelombang 59 sudah dibuka lho! Tepatnya pada tanggal 11 Agustus 2023. So, apakah kamu sudah menyiapkan tata cara mendaftar agar lolos Prakerja di gelombang 59 mendatang?

Baca Juga: Jadi Contoh Best Practice, Kartu Prakerja Diapresiasi KPK


Syarat Daftar Prakerja



Ok, jadi langkah pertama yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar adalah kamu harus sudah mencapai umur minimal 18 tahun dengan dibuktikan adanya KTP. Dan maksimal umur yang boleh mendaftar program Prakerja ini adalah sampai 64 tahun. 

Syarat yang kedua, pastikan kamu sedang tidak menempuh pendidikan formal. Dan syarat yang ketiga, peserta adalah yang sedang mencari kerja, pekerja terkena PHK, atau Pekerja yang sedang membutuhkan untuk meningkatkan kompetensi kerja.

Syarat yang keempat, peserta bukan Pejabat Negara, pimpinan Anggota DPRD, ASN dan perangkatnya. 

Syarat yang terakhir, maksimal hanya 2 NIK dalam satu KK yang boleh menerima Kartu Prakerja ini. So, kalau kamu punya 4 orang keluarga, yang bisa menerima program ini maksimal hanya 2 orang saja ya. 


Bagaimana Cara Agar Diterima Prakerja?


Nah, setelah kita tahu syarat-syaratnya, langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa diterima Prakerja kali ini.

Ini penting ya. Terutama disaat kamu mengisi biodata kamu yang sesuai dengan KTP. Di akhir setelah mengisi biodata, kamu diminta untuk meng-upload foto KTP dan foto kamu lagi pegang KTP. Supaya apa? Supaya kamu terverifikasi bahwa kamu bukanlah robot. 

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Kamu Bisa Dicairkan Lewat DANA Lho! Begini Caranya

Namun perlu diingat, bahwa untuk meng-upload foto KTP dan identitas diri kamu, pastikan foto KTP nya jelas. Jangan sampai blur, apalagi sampai resolusi gambarnya pecah, karena ini bisa mempengaruhi kamu bakal lolos atau tidak. So, siapkan foto KTP sebagai identitas diri dengan sebaik mungkin ya.

Lalu, berapa sih, dana yang akan cair kalau lolos program Prakerja?

Jadi, dana yang cair buat kamu yang lolos program Prakerja ini adalah sebesar Rp4,2 juta. Tetapi, tidak semua dana ini full masuk di rekening atau E-wallet kamu ya.

Bantuan itu akan digunakan untuk membeli pelatihan kerja yang kamu minati dan akan kamu jalani semasa pelatihan nanti. Jadi, intensif atau dana yang bisa masuk ke rekening peserta itu sebesar Rp600.000 dalam sekali pencarian.

Dan biasanya, peserta akan mendapat intensif tambahan sebesar Rp 100.000 apabila mengikuti survei program Prakerja sebanyak dua kali.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua E-wallet bisa didaftarkan di program Prakerja. Ada beberapa E-wallet yang bisa didaftarkan. Berikut daftarnya:
  1. BNI.
  2. BCA.
  3. OVO.
  4. Gopay.
  5. DANA.
  6. Link Aja

Itulah tadi sekilas informasi tentang program Prakerja. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mengikuti Prakerja gelombang 59 ini Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.