Dua Kunci Hubungan LDR Awet, No Drama!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Siapa di sini yang sedang menjalani hubungan LDR? Pasti banyak sekali ujian dan tantangan saat kita menjalin hubungan asmara jarak jauh atau biasa dikenal LDR (long distance relationship).

Hubungan LDR belum bisa menjamin bertahan hingga ke jenjang pernikahan. Banyak juga yang gagal dalam menjalin hubungan LDR. Artinya, hubungan ini tergantung bagaimana pasangan bisa menjaga hubungan satu sama lain ketika sedang tidak bersama.

Percaya saja tidak cukup ketika kamu sedang atau ingin menjalin hubungan LDR. Ya kali di era globalisasi begini masih percaya "janji" yang katanya tidak akan selingkuh, lalu timbul rasa percaya terhadap pasangan yang berlebihan. Ingat ya, sesuatu yang dijalani dengan sikap berlebihan itu tidak baik.


Dua Kunci Hubungan LDR Awet


Jadi, buat kamu yang sedang atau ingin menjalin hubungan LDR, harus perhatikan 2 kunci atau sikap yang harus diterapkan di bawah ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencapai Hidup Sehat, Bahagia, dan Produktif?


Pertama, komunikasi. Hayo, siapa tadi yang bilang kalau hubungan LDR itu kuncinya kepercayaan? No! Nyatanya ada selebgram dan para artis yang sudah dikasih kepercayaan masih mau berkhianat.

So, kepercayaan atau sikap saling percaya ini bisa dikategorikan syarat atau kunci hubungan LDR yang harus dipegang oleh masing-masing pasangan.

Jadi, yang lebih penting dan yang lebih utama ketika kita menjalin hubungan LDR itu adalah komunikasi.

Banyak sekali pasangan yang tidak tahu bahwa komunikasi di sini artinya berbicara, berdiskusi, deep talk terkait persoalan-persoalan yang terjadi di antara kalian hari ini dan seterusnya.

Lebay ah! Masa dikit-dikit harus dikabarin. Eits! Jangan salah, dengan kamu rutin dan rajin berkomunikasi atau berdiskusi dengan pasanganmu terkait cerita hari ini, kamu akan mendapatkan impact yang dahsyat. 

Ibaratnya, kalau kamu masak terbiasa pakai garam, tiba-tiba harus dipaksa tidak pakai garam, menurut kamu gimana rasanya? Hambar? Ya jelas. Dan kalau kamu terlalu sering melakukan itu, maka kamu akan terbiasa dengan rasa hambar itu.

So, jangan coba-coba deh! Sesibuk apapun kalian, kalau lagi senggang atau free, sempatkan hubungi pasangan dulu. Kasih tahu dan kasih kabarmu hari ini. Enggak mau ah, gengsi! Ya, besar-besarin aja tuh gengsi, toh nanti kamu sendiri yang rasakan gimana sakitnya. Hehe...

Baca Juga: Kenali dan Hindari Financial Abuse dalam Suatu Hubungan, Ya!

Kedua, saling percaya. Nah, ini baru tepat. Setelah komunikasi sama pasangan lancar, penting buat kamu kasih kepercayaan kamu ke pasangan kamu.

Jadi, jangan terlalu banyak menuntut pasangan untuk selalu ada buat kamu. Dia juga punya dunia. Dunia kerja, pendidikan, hobi, dan masih banyak lagi yang harus dia kerjakan dan selesaikan. Jadi, tidak semata-mata tentang kamu saja, ya!

Nah, di saat doi atau pasangan kamu sedang sibuk bekerja, atau mungkin lagi hangout bareng teman-temannya, di sini lah kepercayaan kamu sedang di uji.

Jadi, percayakan saja pada pasangan mu bahwa dia tidak akan mengkhianati cinta dan kepercayaan yang sudah kamu berikan untuknya.

But, kalau dia masih mencoba untuk mecot, ya, sadar diri aja lah. Maksudnya di sini dia bukan yang terbaik buat kamu. Ingat, Bestie, yang mahal dan berharga tidak akan mengumbar cintanya ke banyak hati. Jadi, kalau kepercayaan kamu di sini sudah tidak dihargai, kamu boleh kok untuk pergi.

Kamu enggak akan dipaksa untuk bertahan dengan seseorang yang dia sendiri tidak mau bertahan pada cintamu.

Jadi, bagaimana? Siap untuk menjalani hubungan LDR?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.