Cara Sederhana Self Reward Tanpa Boros!

Self reward tanpa boros

Self reward tanpa boros

Like

Self reward diartikan sebagai suatu bentuk penghargaan yang diberikan kepada diri sendiri, penghargaan ini bisa berupa memberikan hadiah karena sudah berhasil menyelesaikan suatu perusahaan atau target tertentu.
 
Tentu saja dalam mengapresiasi diri sendiri, setiap orang memiliki cara yang berbeda. Misalnya cukup dengan nonton film, tidur, atau berbelanja. Jadi, self reward dengan berbelanja ini yang disalahartikan sebagai boros.
 
Membeli barang hanya lapar mata, hal ini dapat menyebabkan menghamburkan uang karena untuk membeli barang hanya mengikuti trend yang ada.
 
Perlu diketahui self reward bukan melulu menghabiskan uang. Sehingga, self reward tidak harus kita menjadi boros.


Self Reward Tanpa Boros


Menurut psikologi Inez Kristanti, seseorang perlu memikirkan terlebih dahulu terkait apakah cara memberi penghargaan kepada diri sendiri sudah masuk akal atau dan sesuai kemampuan diri atau tidak. 
 
Dengan cara seperti itu, maka kita bisa melakukan self reward dengan cara menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat.

Sibuknya aktivitas menyebabkan sulit untuk berkomunikasi dengan orang terdekat. Jadi, keuntungannya dapat membuat menjadi lebih dekat dengan mereka dan komunikasi terjalin dengan lebih baik.
 
Tidak hanya itu, self reward yang bisa dilakukan tanpa boros, hanya cukup bersantai di rumah, bisa membaca buku, berolahraga, memasak atau cukup rebahan saja.
 
Sebenarnya, perasaan bangga dan kepuasan karena telah menuntaskan suatu pekerjaan adalah self reward yang efektif. Dengan begitu, maka memberikan diri sendiri penghargaan tidak harus dengan mengeluarkan uang. 
 
Atas hal ini self reward dapat dilakukan dengan hal sederhana yang berkesan sesuai dengan kemampuan Be-emers, hal ini juga didasari karena kebahagiaan bukan melulu diukur dengan materi. 
 
Jadi, self reward tidak selalu tentang mengeluarkan uang melainkan bisa dilakukan dengan hal sederhana yang ada di sekitar kita. Yang terpenting jangan memberikan self reward yang malah menjerumuskan ke dalam hutang dan mengabaikan kondisi keuangan.
 
Perlu diingat tujuan dari self reward adalah untuk menambah motivasi diri, dan self reward tersebut bukan ditujukan untuk membuat menjadi boros dan melupakan kebutuhan yang penting.

Jangan sampai alih-alih menghargai diri sendiri, tetapi malah kebablasan menjadi pemborosan, yang ada malah merugikan diri sendiri.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.