MASA AI, Start-up Amerika Buatan Anak Bangsa!

Pendiri MASA AI

Pendiri MASA AI

Like

Anak bangsa lagi-lagi menjadi sorotan dunia, kali ini dikarenakan dua mahasiswa Indonesia, Jason Sudirdjo dan Davyn Sudirdjo, bersama dengan Wilson Liang asal Amerika Serikat, mendirikan perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang solusi AI untuk pendidikan, di Silicon Valley.
 
Start-up yang didirikan di Silicon Valley, Amerika Serikat, bernama MASA AI ini akan fokus pada teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk pendidikan di Indonesia, dengan harga yang murah.

Hal tersebut akan menjadi sorotan bagi dunia pendidikan di tanah air, karena ada anak bangsa berprestasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.


Profil Kakak Beradik Jason Sudirdjo dan Davyn Sudirdjo


Jason (20) merupakan mahasiswa Indonesia di Berkeley, sementara kakaknya Davyn (22) adalah lulusan master Stanford Symbolic Systems dengan fokus AI.

Namun bagi Davyn, MASA AI bukanlah yang pertama kali dibuat. Sebelumnya Davyn Sudirdjo berhasil mendirikan eTani. Yaitu sebuah perusahaan yang memberdayakan petani Indonesia tanpa perantara dan mempromosikan budaya Farm to Table.
 
Davyn diketahui telah mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komputer, dalam Ilmu Data dan Ekonomi di Standford University, Amerika Serikat. Kini ia bahkan sudah lulus master dari pogram Stanford Symbolic Systems dengan fokus pada kecerdasan buatan (AI).
 
Sejak awal, Davyn memang memiliki visi untuk mengembangkan ekosistem yang nantinya bisa memberdayakan petani dengan menyediakan pasar.
 
Selain itu, Davyn juga ingin membantu para petani untuk mendapatkan dana, membangun kolaborasi masyarakat dengan para pakar pertanian dan sesama petani. Serta memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil dari ladang para petani.


MASA AI

 
Pada tahap awal, MASA AI akan berfokus pada teknologi pendidikan dan pengembangan tenaga kerja Indonesia yang berbasis kecerdasan buatan.
 
Dalam pernyataannya, startup MASA AI  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan 150 juta pekerja dan 50 juta siswa Indonesia, dimulai dengan kemampuan Bahasa Inggris.
 
Melalui konferensi pers virtual, Davyn mengatakan alat AI yang mereka kembangkan digarap untuk edukasi dan membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan efisiensi operasional mereka.
 
Menurut Jason, salah satu masalah yang mereka lihat di Indonesia adalah banyak tutor yang tidak terakreditasi, namun mereka membebankan biaya yang mahal.
 
Melansir Detik.com, "Jadi yang namanya pendidikan masih belum terdemokratisasi dan tidak terjangkau untuk seluruh masyarakat," ujarnya dari Amerika Serikat, Senin (22/6/2023).
 
Dari masalah tersebut, MASA AI pun menggarap dua produk berbasis kecerdasan buatan yaitu JennieTest dan Jennie Speak.
 
JennieTest dapat digunakan berlatih untuk TOEFL, IELTS,UTBK-SBMPTN dan bahasa Inggris umum, termasuk tes diagnostik cepat.
 
AI akan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan, memberikan soal latihan tak terbatas, simulasi full test tak terbatas, materi pembelajaran tak terbatas yang semuanya disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Selain itu, akan dihadirkan juga robotutor 24/7 real-time atau tutor robot yang bisa diberikan pertanyaan apapun, sebanyak yang diinginkan oleh pengguna.
 
Sementara, JennieSpeak adalah pelatih berbicara lengkap yang dapat mendeteksi pengucapan & intonasi, ritme & tempo, serta akurasi tata bahasa & kosa kata, sehingga meningkatkan kemampuan berbicara pengguna.
 
Platform ini memulai dengan fokus pada bahasa Inggris, kemampuan yang dibutuhkan secara universal sebagai pondasi skill-skill lainnya. Namun, MASA AI juga berencana akan meluncurkan bahasa dan subjek lainnya.


Menurut Davyn, mereka ingin seluruh proses pembelajaran bisa diambil alih, mulai dari diagnosis atau tes simulasi pertama, di mana AI akan bisa mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan para murid. Setelah itu, AI akan memberikan materi pelajaran yang diberikan khusus untuk murid tersebut.
 
"Kami kurang suka yang namanya kalau murid log in habis itu dibombardir dengan banyak kelas video, dan mereka tidak tahu nonton yang mana. Jadi kami mempersonalisasikan untuk mereka," kata Davyn.
 
Lalu, AI dapat mengikuti atau melacak progres dari murid, serta memprediksi nilai ujian mereka.
 
Untuk biaya, JennieTest bisa diakses dengan harga berlangganan Rp 19.000 per dua minggu, dan dapat digunakan tanpa batas. JennieSpeak dihargai Rp 2.500 per praktik berbicara.

Meski begitu, Davyn menegaskan bahwa misi mereka bukan untuk menggantikan pengajar atau tutor manusia. Ia mengklaim, misi mereka adalah membuat tutor session jadi lebih efektif.
 
Sebagai contoh, banyak les TOEFL yang hanya meminta muridnya mengerjakan soal-soal latihan saja.
 
"Kenapa waktu sesi les yang mahal itu digunakan untuk mengerjakan soal saja. Kenapa tidak digunakan untuk guru mengajari muridnya. Jadi yang bisa kita lakukan dengan MASA adalah murid tidak perlu banyak-banyak sesinya."
 
"Sesinya bisa dikurangi dan setiap sesi lebih efektif karena guru sudah tahu dari MASA, muridnya kuat dan lemahnya di mana saja, terus bisa lebih targeted dan personalize proses belajarnya."
 
Sejauh ini, MASA AI juga telah memiliki Dewan Penasehat yaitu Gita Wirjawan, Mantan Menteri Perdagangan Indonesia, serta Daniel Surya Wirjatmo.
 
Pada tahun 2019 lalu Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan penghargaan untuk kinerja positif dan berprestasi kepada 74 orang Indonesia. Nah, salah satunya itu ada Davyn Soedirdjo yang diketahui menerima penghargaan di bidang Sains dan Inovasi.
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.