Baru, Bootcamp Hadir untuk Tingkatkan Kompetensi!

(Sumber gamba: pexels-karolina-grabowska)

(Sumber gamba: pexels-karolina-grabowska)

Like

Ada istilah baru yang sangat masih asing di telinga saya, yaitu bootcamp. Sebenarnya apa sih bootcamp itu? 

Ternyata, bootcamp adalah kegiatan training atau pelatihan intensif dalam waktu singkat untuk meningkatkan skill dan keahlian di bidang tertentu. Bootcamp biasanya berlangsung antara 2 hingga 6 bulan.


Perbedaan bootcamp dengan kursus intensif


Bootcamp cenderung lebih intensif dan fokus pada keterampilan spesifik, sementara kursus cenderung lebih terjangkau dan memberikan pemahaman yang leibh umum tentang topik tertentu dan mendukung pengembangan karier jangka panjang. 

Jadi, titik perbedaannya ada pada kata intensif. Dalam bahasa marketing yang populer, bootcamp lebih menjanjikan dari pada sekedar kursus biasa. Bootcamp cukup banyak diminati oleh para peserta. 

Bootcamp menggunakan copy tertentu untuk menarik orang-orang, seperti “kamu bisa meningkatkan technical skill yang dibutuhkan oleh industri melalui bootcamp”.


Baca Juga: Lagi Ramai, Simak 4 Keuntungan Mengikuti Mini Bootcamp Ini!

Tetapi bootcamp bukan pengganti dari sekolah formal ya. Jadi, kita harus punya pengetahuan dasar dulu dari suatu pendidikan formal, setelah itu melanjutkan pengetahuan melalui bootcamp.

Tujuan dari bootcamp itu adalah program pelatihan yang dirancang sebagai pelatihan intensif untuk mengembangkan karir di bidang tertentu.  

Bukan hanya programming, ada pula bootcamp SEO, data analis, digital marketing, copywriting , UI/UX dan lainnya.

Bootcamp online adalah program pelatihan intensif yang diselenggarakan secara daring dan umumnya berlangsung di akhir pekan atau akhir bulan. Bootcamp online didesain untuk mempersiapkan partisipan dengan keahlian dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bidang tertentu.

Untuk mengikuti bootcamp, kamu harus bayar sebagian biaya pelatihan untuk uang muka. Setelah itu kamu boleh ikut program hingga selesai. Sestelah selesai, kamu bisa mendapat pekerjaan dan penghasilan.

Tetapi ada juga bootcamp yang dilakukan secara tatap muka. Salah satu kelebihan mengambil bootcamp tatap muka adalah kamu bebas berinteraksi dan bertanya tanpa halangan.

Manfaat mengikuti bootcamp adalah peningkatan kemampuan dan skill melalui program bootcamp. Di tempat itu kamu akan mendapatkan pengalaman dalam bentuk materi, disamping itu diperhadapkan dengan kasus-kasus nyata yang terjadi dalam industri.  

Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin bekerja dalam waktu dekat. Begitu selesai bootcamp, kamu sudah mengantongi  gambaran tentang dunia kerja yang seringkali belum terbayangkan.


Jenis bootcamp


Ada 2 jenis bootcamp dilihat dari segi komitmen dan flexibilitasnya:

Baca Juga: 
5 Perbedaan Bootcamp dan Mini Bootcamp yang Wajib Kamu Ketahui!


1. Segi fleksibilitas


Dari segi fleksiblitas, Bootcamp terbagi 3 tipe sebagai berikut ini:
  1. Bootcamp offline: Bootcamp offline merupakan pelatihan yang dilakukan secara tatap muka. Keuntungannya atau kelebihannya kamu dapat berinteraksi secara bebas tanpa halangan.
  2. Bootcamp online: Bootcamp online merupakan pelatihan yang dilakukan secara daring atau online. Kelebihan kamu dapat melakukan pelatihan tanpa terhalang jarak.
  3. Bootcamp self-pace: Bootcamp yang merupakan program pelatihan yang kamu lakukan secara mandiri. Kamu diberikan materi belajar, tinggal dikerjakan dimana dan kapan pun kamu bisa kerjakan.


2.Segi Komitmen

  1. Paruh waktu: Tipe bootcamp paruh waktu (part time) yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki jadwal padat dan kamu hanya bisa mengikuti pelatihan pada malam hari setelah kerja atau pada waktu weekend.
  2. Penuh waktu: Tipe bootcamp ini akan menghabiskan waktu secara penuh waktu (full time), ditujukan bagi kamu yang memiliki waktu luang.   Durasi waktu tentu lebih cepat dibandingkan dengan paruh waktu.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.