5 Perbedaan Bootcamp dan Mini Bootcamp yang Wajib Kamu Ketahui!

Perbedaan Bootcamp dan Mini Bootcamp. Image: Canva

Perbedaan Bootcamp dan Mini Bootcamp. Image: Canva

Like

Be-emers kalian masih inget kan apa arti atau definisi bootcamp dan mini bootcamp? Be-emin ingetin lagi ya, secara arti bootcamp berarti suatu program pelatihan yang dilangsungkan secara intensif dengan materi yang telah dirancang secara baik, dan akan diajarkan langsung oleh pemateri yang ahli dalam bidang yang akan dipelajari. Sementara mini bootcamp, secara definisi juga sama yakni suatu program pelatihan untuk bidang tertentu, namun secara garis besar yang membedakan yakni dari segi waktu program pelatihan dan jumlah materi pembelajarannya.

Untuk lebih detailnya, kali ini Be-Emin akan kasih tau apasih sebenernya perbedaan bootcamp dan mini bootcamp?

Be-Emin rangkumkan 5 perbedaan bootcamp dan mini bootcamp:

1. Waktu pembelajaran.

Dari waktu pembelajaran atau lamanya pelatihan, bootcamp biasanya akan berlangung minimal 3 bulan intensif. Setiap minggunya akan ada 2 sampai 3 kali kelas. Sementara mini bootcamp biasanya cenderung lebih singkat yakni 2 minggu sampai 1 bulan, dengan minimal 2 kali pertemuan setiap minggunya.

2. Kurikulum

Kurikulum bootcamp biasanya akan lebih mendalam dan lebih banyak dibanding mini bootcamp. Disusun secara instruktur professional yang berpengalaman, materi bootcamp biasanya lebih banyak praktikan dan berfokus untuk membuat project dan menyelesaikan permasalahan tertentu.
Mini bootcamp dengan jumlah pertemuan yang terbatas, kurikulumnya pasti juga akan menyesuaikan. Namun biasanya mini bootcamp juga akan memiliki pembelajaran secara teori dan praktek dan tugas membuat project kecil.

3. Instruktur

Pembelajaran bootcamp yang berlangsung lebih lama dan materi yang lebih banyak tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan dengan lebih dari intruktur. Sementara mini bootcamp karena materinya lebih sedikit, maka sangat memungkinkan untuk diajarkan oleh satu instruktur.

4. Biaya

Dari segi biaya tentunya ada perbedaan dari bootcamp dan mini bootcamp, biaya bootcamp dengan semua fasilitas yang didapat pastinya jauh lebih mahal. Namun, pembayaran juga akan tergantung pada lembaga pembelajarannya, topik bootcamp, instuktur, dan fasilitasnya. Biasanya kelas intensif bootcamp biayanya berkisar antara Rp 3 juta hingga belasan juta.
Sementara mini bootcamp, untuk saat ini banyak lembaga pembelajaran yang menyediakan kelas mini bootcamp dengan harga yang culup terjangkau yakni dikisaran ratusan ribu saja untuk 4-8 kali pertemuan mini bootcamp.

5. Benefit

Bootcamp dan mini bootcamp pasti akan memiliki benefit masing-masing, lembaga pembelajaran pasti akan memberikan benefit yang terbaik untuk orang yang mengambil kelas tersebut. Meski demikian benefit yang biasanya diberikaan saat kita mengikuti kelas bootcamp dan mini bootcamp antara lain materi eksklusif, konsultasi dengan instruktur baik materi dan tugas, sertifikat elektronik, rekaman video pembelajaran, dan pendamingan project.

Itu dia Be-emers 5 perbedaan dari bootcamp dan mini bootcamp yang Be-emin rangkumkan untuk kalian. Nah, Be-Emers selain pelatihan online melalui video yang bisa kamu tonton kapan saja dan di mana saja, sekarang Bisnis Muda Academy juga sudah menyediakan program mini bootcamp lho! Pada kesempatan kali ini program mini bootcamp mengenai SEO Spesialist dengan materi SEO On Page dan SEO Off Page.

Jika kalian mengikuti program mini bootcamp di platform Bisnis Muda Academy, kalian akan mendapat berbagai keuntungan diantaranya pelatihan intensif selama 8 kali dan materi ekslusif dari instruktur yang berpengalaman.


Yuk Be-Emers, langsung kepoin info selengkapnya di website academy.bisnismuda.id atau di Instagram Bisnis Muda Academy @bisnismudaacademy.