Manfaat Bantal Baji untuk Penderita GERD, Apa Itu?

Ilustrasi tidur menggunakan bantal baji (sumber gambar: pinterest)

Ilustrasi tidur menggunakan bantal baji (sumber gambar: pinterest)

Like

Be-emers pernahkah kamu merasakan sensasi tidak nyaman ketika asam lambungmu naik dan mengganggu tidur malammu? Jika iya, kamu pasti tahu betapa menjengkelkannya kondisi ini.

Sensasi terbakar di dada yang sering disebut heartburn bisa menjadi momok yang mengganggu kualitas tidur kita. Tidak jarang, asam lambung yang naik saat malam hari bisa membuat kita berputar-putar di atas kasur, mencari posisi yang nyaman.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata posisi tidur yang kita pilih juga dapat memengaruhi refluks asam lambung kita? Ya, ini bukan hanya masalah memutar-mutar bantal lagi, tapi juga soal memilih posisi tidur yang benar.


Posisi Tidur Mempengaruhi Asam Lambung


Dr. Scott Gabbard, seorang ahli gastroenterologi, memaparkan bagaimana posisi tidur dapat memengaruhi refluks asam lambung. Jadi, bagi kamu yang sering mengalami asam lambung naik, ini bisa jadi tips menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Mengobati Asam Lambung (GERD) Tiba-tiba? Ini Caranya!


Ingat, refluks asam, mulas, dan GERD sebenarnya adalah tiga hal berbeda meski terkait erat. Refluks asam adalah ketika asam lambung naik dari perut hingga kerongkongan dan tenggorokan. Jangan heran jika makanan yang kamu santap sebelumnya bisa menjadi penyebabnya.

Kalau kamu sering merasakan tidak nyaman akibat naiknya asam lambung, itu yang disebut mulas. Nah, GERD adalah kondisi yang lebih serius.

Ini adalah refluks asam yang kronis dan parah, ditandai dengan mulas dan sejumlah gejala lain seperti kesulitan menelan, suara serak, hingga batuk kering. Sungguh menyiksa, bukan?


Bantal Baji Solusi Buat GERD?


Sudah pernah mendengar tentang bantal baji? Bantal ini ternyata bisa menjadi solusi dalam mengatasi asam lambung naik, terutama jika kamu memiliki GERD. Bantal baji memiliki bentuk segitiga, yang akan membantu mengangkat kepala dan bagian atas tubuhmu.

Ternyata, posisi tidur dengan bantal baji dapat membuat asam lambung sulit naik ke kerongkongan. Ketika kita tidur dengan tubuh bagian atas sedikit terangkat, gravitasi membantu mencegah asam lambung naik kembali.

Baca Juga: Berikut Menu Makanan Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Jadi, bantal baji bukan hanya soal kenyamanan, tapi juga membantu meredakan refluks asam pada malam hari.

Namun, bantal baji bukan hanya untuk kamu yang mengalami refluks asam saja. Jika kamu mendengkur, memiliki masalah sinus, atau bahkan sering merasakan nyeri punggung dan leher, bantal ini juga bisa memberikan manfaat yang tak terduga.

Bahkan, bagi mereka yang memiliki masalah mata seperti glaukoma, tidur dengan posisi yang sedikit terangkat juga bisa membantu.

Jadi, mulai sekarang kamu tak perlu lagi bergelut dengan sensasi tak nyaman akibat asam lambung yang naik saat malam hari. Cobalah tidur dengan bantal baji yang nyaman dan membantu menjaga agar asam tetap berada di tempatnya.

Siapa sangka, solusi untuk tidur nyenyak tanpa terbakar ternyata bisa begitu sederhana? Selamat mencoba dan tidur nyenyak, Be-emers!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.