Ternyata Biji Nangka Rebus Punya Banyak Khasiat!

Biji nangka yang sudah direbus (Foto: Canva)

Biji nangka yang sudah direbus (Foto: Canva)

Like

Be-emers, biasanya kalian kalau makan buah nangka bagian apa saja yang dimakan? Kalau kalian jawab bagian daging buahnya saja, berarti kalian belum tahu kalau biji nangka juga bisa dimakan.

Iya, kalian enggak salah dengar. Biji nangka yang keras itu juga bisa dimakan dan ternyata memiliki banyak khasiat lho!

Memang, biji nangka ini tidak bisa dimakan begitu saja. Perlu diolah dahulu dengan cara direbus sebelum mengonsumsinya. Cukup rebus dengan air matang saja, tidak perlu ditambah penyedap rasa, gula, atau tambahan apapun rasanya sudah cukup enak.

Zaman dulu orang-orang sangat lazim mengonsumsi biji nangka rebus, tapi kalau zaman sekarang kayaknya jarang sekali deh yang masih mengonsumsi makanan ini.

Contohnya penulis, dulu pada saat kecil penulis sering sekali memakan biji nangka yang direbus. Makin ke sini penulis semakin jarang makan panganan ini.


Bahkan, seingat penulis terakhir makan biji nangka rebus adalah saat duduk di bangku sekolah dasar sekitar 15 tahun yang lalu.

Meskipun panganan ini jadi tidak lazim sekarang, ternyata biji nangka rebus memiliki banyak khasiat.


Sejumlah Khasiat Biji Nangka Rebus


1. Melancarkan Pencernaan


Tidak hanya buahnya, ternyata biji nangka juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram biji nangka, kandungan seratnya ada 1,5 gram. 

Selain itu dalam biji nangka mengandung sifat anti-mikroba dan senyawa probiotik. Dua kandungan ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan menekan pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus.


2. Mencegah Anemia


Kandungan lain yang ada dalam biji nangka adalah zat besi. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk mencegah memproduksi sel darah merah. Zat besi yang cukup dalam tubuh akan sangat membantu untuk mengontrol sel darah merah dan mencegah anemia.


3. Menurunkan Berat Badan


Biji nangka rebus adalah camilan tepat bagi kamu yang sedang menjalankan diet. Sebab, panganan ini bisa membantu mengendalikan nafsu makan. 

Mengonsumsi biji nangka rebus dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan kenyang lebih lama, kamu bisa mengontrol makanan dan camilan yang masuk ke dalam tubuh. 


4. Menjaga Kesehatan Rambut


Biji nangka ternyata juga mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan mengonsumsi biji nangka maka kandungan vitamin A yang ada bisa membuat rambut kuat dan terhindar dari kerontokan.


5. Mengobati Penyakit Kulit


Di dalam biji nangka juga ada kandungan protein dan mikronutrien yang bisa digunakan sebagai terapi kulit. Bisa dibilang konsumsi biji nangka juga bisa menjadi skincare karena bisa melembutkan dan menyehatkan kulit.

Nah, mau coba makan biji nangka rebus enggak nih Be-emers?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.