Pandemi Covid-19: Bangkit dari Kritikan Olah Pikir Kreativitas, Emang Bisa ?!

Bekerja di RumahAja ( Sumber : Pixabay)

Bekerja di RumahAja ( Sumber : Pixabay)

Like

Memang banyak sekali hal yang terjadi saat pandemi ini, membuat panik terutama hal perekonomian. Tentu banyak perubahan dan membuat sebagian besar orang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, dan semuanya serba harus online.

Biasanya berjualan secara offline, kini terpaksa harus berjualan secara online. Secara finansial yang biasanya masih ada pemasukan, sekarang mulai berkurang karena adanya PHK atau menurunnya informasi lowongan pekerjaan tapi persaingan terus bertambah.

Cara berpikir pun, yang seringnya memakai logika kini kreativitas pun harus ikut dipergunakan. Banyak hal yang benar-benar berubah di tahun 2020 ini, dan merupakan awal mula peradaban yang sangat jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun sebenarnya wabah ini memberikan banyak dampak yang positif, siapa tahu karena wabah ini kita dapat menemukan passion atau ide, yang suatu hari nanti menjadi jalan rezeki baru. Jika telah menemukan pekerjaan lagi, hal ini dapat juga dijadikan sampingan. Setidaknya, sudah berusaha dulu cari kegiatan. hehehe.

Berikut kegiatan yang akan diulas…

Creator Design

Kini zaman sudah digital, kalian bisa saja mencari beberapa platform marketplace untuk para designer ataupun creator design yang menyediakan tempat untuk ide design kalian sendiri. Platform itu sendiri ada yang dari Indonesia maupun luar negeri, mungkin banyak ide design yang menganggur tidak ada salahnya kan diupload ke platform marketplace tersebut.

Bahkan terkadang marketplace seperti itu, juga menyediakan program dan mengajak beberapa creator design untuk melakukan donasi. Tak hanya mencari cuan, tapi menjadi sociopreneur pun bisa.

Reseller

Merasa tidak jago dalam melakukan design, atau tidak memiliki ide untuk berinovasi? Tenang saja !!! Kalian dapat mencoba jadi reseller dengan pihak tertentu yang menyediakan jasa tersebut, lalu menjualnya di beberapa marketplace online shop seperti Tokopedia dll.


Jika ingin menjualnya lewat Instagram dan Facebook pun tidaklah masalah. Nah, kreativitas kalian diuji di sini, lewat pemasaran produk reseller kalian…

Barang yang disarankan sih kalo bisa yang sedang trend saat ini, seperti masker, faceshield, foldablebag (kantung belanja). Apalagi, sekarang sudah ada beberapa kota yang menerapkan belanja tanpa plastik tuh. Tak hanya itu, menjual cemilan, frozen food, bahkan sembako sekalian sangat dianjurkan.

Penulis (Blogger)

Bagi kalian pecinta literasi, cobalah lanjut menjadi penulis (blogger). Siapa bilang jadi penulis (blogger) tidak dapat menghasilkan cuan. Salah satunya dengan mengkaitkan akun kalian dengan Adsense (domainnya tidak bawaan blog tersebut, harus .com .co.id dll) atau jasa iklan lainnya selain Adsense (untuk yang malas menyewa domain) seperti PayClick, RevenueHits, dan lain-lain.

Kalian bisa cari tahu sendiri bagaimana kinerjanya. Bagi yang merasa blognya sudah memiliki traffic yang bagus, tentu bukanlah hal yang sulit pastinya. Namun bagi blogger baru seringlah menulis juga di website terkenal, lalu menggunakan sistem backlink atau SEO.

Backlink dengan cara menyelipkan URL pada salah satu keyword pada artikel yang sedang dibuat. Tentunya keyword tersebut harus diarahkan ke blog kalian yah, agar trafficnya bertambah dan Adsense pun berjalan. Kalo bahasa umumnya sih memancing gitu. Tapi isinya yang berfaedah yah, jangan clickbait

Blog pun bisa dijadikan untuk alternatif memperkenalkan atau tempat pemesanan buku yang akan kalian terbitkan sendiri tanpa publisher, berbeda kalau ingin menjadi penulis publisher atau memang sudah menjadi penulis di sebuah publisher. Hanya saja untuk bagian ini, harus bersabar saja...

Freelancer

Bagi kalian yang kurang begitu suka berbisnis, dapat kalian coba alih profesi dengan jasa yaitu freelancer. Menjadi freelancer kini pun mudah, kita tak perlu mencari klien sendiri, karena telah banyak platform yang menyediakan itu semua, tinggal kita berusaha mempromosikan diri.

Untuk bidang literasi bisa menjadi copywriter, penerjemah, atau penulis artikel. Bidang design yaitu pembuatan logo, banner, atau kemasan. Bagi kalian yang jago berbicara tapi ada ilmunya, alias kagak asal bacot, cobalah menjadi trainer, konsultan, atau pengajar online (les private).

Lalu ada programmer, bagi kalian pecinta coding. Tentu, kalau kalian memiliki portofolio maupun pengalaman akan sangat mudah untuk mendapatkan pendapatan yang sangat besar, karena trade record yang nyata. Pekerjaan yang bersifat administrasi seperti jasa data entry pun dapat kalian lakukan, admin online biasanya juga suka ada yang dibayar sesuai target penjualan.

Bidang seni seperti pengajar alat musik atau menggambar pun pasti ada yang menyediakan platform tersebut, ingin cari klien sendiri pun bisa tidak masalah dengan menggunakan blog pribadi selain untuk promosikan karya tulis kalian.

Menjadi sales downline pun bisa, dengan menawarkan paket pulsa (kuota) maupun wifi dengan mendaftarkan diri kepada pengusaha yang menyediakan jasa tersebut. Penggunaan pulsa (kuota) sedang meningkat tajam, saya kagak bakal sebut namanya yah, sudah banyak yang paham pastinya dan produknya pun banyak sekali…

Youtuber

Nah, lagi musim Youtube nih sekarang… Daripada kalian membuat trending tokoh publik yang sedang kalian tidak suka dengan komen menusuk, mending memperkaya diri kalian sendiri.

Supaya tagline “Youtube Lebih Dari TV” itu tetap ada terus. Siapa tahu suatu saat nanti, kalian dapat menggantikan Youtuber yang sedang sibuk untuk pensiun dini sekarang ini. 

Apalagi kalian yang “merasa” memiliki personal branding di bidang yang sekarang ditekuni. Pastinya senang dong bisa share ilmu yang kalian miliki. Enggak rugi kok kalau bermanfaat, yang penting pede dulu. Masalah Adsense bisa bersabar dulu lah.

Terkenal jauh lebih penting, kalo terkenal nanti orang pasti bakal mengakui keberadaan kalian kok, dan siapa yang tahu tiba-tiba tawaran endorse dimana-mana. Kalau cuman menggerutu konten prank orang lain atau mengkriktik kesalahan orang lain, enggak akan ada faedahnya. Fokuslah pada diri sendiri dulu...

Bagi kalian yang baru lulus kuliah, seperti lulusan yang berkaitan dengan kesehatan seperti kedokteran, perawat, bahkan olahraga dapat membuat video tentang diet atau apapun yang berkaitan dengan pola hidup sehat.

Lulusan sastra dapat bagi ilmu kosakata bahasa yang ditekuni atau budaya negaranya yang kalian pelajari saat kuliah, dan masih banyak contohnya. Apapun dapat dilakukan jika kita berusaha dan mau berpikir kreatif.

Itulah beberapa kegiatan dan penjelasan yang dapat dilakukan selama pandemik ini, semua bisa dilakukan jika mau berusaha. Semoga kalian dapat memetik hikmah dan keberkahan dari tulisan saya ini…

Sukses selalu, walau di RumahAja !!!