Ini Pentingnya Scrub untuk Kesehatan Kulit Tubuh!

Rutin scrub tubuh menyehatkan kulit (Foto: Canva)

Rutin scrub tubuh menyehatkan kulit (Foto: Canva)

Like

Be-emers bagaimana selama ini kebiasaan mandi kamu? Hanya menggunakan sabun lalu bilas? Kamu kurang membersihkan kulit dengan maksimal tuh!

Selain membersihkan dengan maksimal, kulit tubuh juga butuh kandungan dan nutrisi yang lebih dari sekadar sabun mandi lho. 

Kandungan tersebut bisa didapatkan salah satunya dari scrub. Scrub bisa jadi teknik perawatan dan bisa jadi bahan perawatan kulit itu sendiri.

Ibarat sikat yang membersihkan permukaan porselen dari lapisan kotoran, fungsi scrub adalah membersihkan kulit dari tumpukan kulit mati yang kusam.

Ada banyak jenis scrub yang bisa digunakan, mulai dari menggunakan lotion atau dengan alat seperti sikat atau kain kasar. 


Scrub memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Maka dari itu, penting untuk rutin melakukan scrub.


Manfaat Scrub untuk Kulit


1. Mengangkat Sel Kulit Mati


Sudah jelas bahwa manfaat scrub yang paling utama adalah mengangkat sel kulit mati. Permukaan scrub yang kasar namun masih cukup aman untuk kulit, membuat kulit mati yang mendekam di permukaan bisa lebih cepat terangkat.

Terkadang hanya dengan sabun yang diaplikasikan dengan tangan saja tidak cukup mengangkat sel kulit mati yang menempel. Dengan kulit mati terangkat maka regenerasi kulit semakin cepat. 


2. Melancarkan Peredaran Darah


Siapa sangka penggunaan scrub bisa melancarkan peredaran darah. Ini karena dalam pengaplikasian scrub pasti ada tekanan di kulit.

Pengaplikasian scrub dengan memberikan tekanan pada kulit dan gerakan tersebut dapat membantu sirkulasi darah di dalam tubuh mengalir lebih lancar. 


3. Mencerahkan Kulit


Nah, fungsi ini erat kaitannya dengan mengangkat sel kulit mati. Saat sel kulit mati terangkat dengan cepat dan baik, maka akan ada proses regenerasi kulit. 

Nah, proses regenerasi ini membuat kulit lama yang kusam tergantikan dengan kulit baru dan itu akan membuat kulit sehat dan lebih cerah.


4. Mencegah Ingrown Hair


Ingrown hair sering jadi masalah yang menyebalkan, apalagi jika kita memiliki kulit yang sensitif. Ingrown hair adalah ketika rambut tumbuh ke dalam dan ini bisa membuat kulit gatal hingga iritasi.

Menggunakan scrub secara rutin akan menghaluskan kulit dan menghindari pertumbuhan rambut ke dalam kulit. Ini karena scrub dapat membantu membuka pori-pori kulit yang tersumbat.


5. Melembabkan Kulit 


Nah, karena fungsinya yang mengangkat kulit mati maka scrub bisa membuat kulit menjadi lebih lembab. Kulit mati yang mengendap di kulit membuat kelembapan tidak dapat meresap.

Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu menggunakan body scrub secara rutin sehingga sel-sel kulit mati dan kotoran dapat terangkat secara maksimal. Setelahnya, kulit menjadi terasa lembab dan halus.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.