Kalau Rupiah Melemah, Apa Sih Dampaknya ke Masyarakat Kecil?

Rupiah melemah (ilustrasi: Canva)

Rupiah melemah (ilustrasi: Canva)

Like

Keadaan perekonomian global juga berdampak pada perekonomian Indonesia. Nilai tukar rupiah terus mengalami pelemahan mendekati Rp16.000.

Jumat (27/10) kemarin nilai tukar rupiah mengalami pelemahan hingga mendekati level Rp16.000 akibat kuatnya data ekonomi AS.

Tapi tidak hanya rupiah yang mengalami pelemahan. Mata uang negara-negara lain juga ikut melemah. Di Asia, Jepang yang paling terkena dampaknya.

Pelemahan mata uang yen bahkan sudah terjadi secara bertahap selama beberapa bulan yang lalu. Meski sama-sama mengalami pelemahan, kondisi Indonesia semakin mengkhawatirkan karena inflasi.

Tingkat inflasi di Indonesia ini semakin tinggi mencapai 5,6 persen. Dengan inflasi yang cukup tinggi ini ditambah rupiah yang semakin melemah, tentunya sangat berdampak pada masyarakat kecil.


Ahli Ekonomi Senior, Didin S Damanhuri juga menyoroti soal pelemahan rupiah ini. Ia mengatakan bahwa pelemahan mata uang terjadi di Asia dan bukan hanya Indonesia saja  yang merasakannya.

“Di Asia ini adalah Jepang yang tertinggi pelemahannya, tapi masalahnya adalah bahwa nilai tukar yang melemah ini juga bersamaan dengan inflasi yang tinggi di kita yang terakhir ini adalah tertinggi beberapa tahun terakhir yaitu 5,6 persen," ungkap Didin.


Apa Dampak Pelemahan Rupiah Terhadap Masyarakat?


Sudah pasti apapun yang terjadi pada perekonomian suatu negara pasti berdampak juga pada masyarakatnya. 

Melemahnya nilai tukar rupiah secara otomatis akan menurunkan daya beli masyarakat karena harga-harga barang kebutuhan pokok, termasuk beras, cabai, dan bahkan Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. 

Apalagi ditambah dengan inflasi yang terus meningkat, program bansos telah berkurang dan bantuan modal untuk UMKM semakin dibatasi. 

Didin menggambarkan bahwa situasi saat ini adalah hasil dari kombinasi faktor moneter dan non-moneter. Pelemahan nilai tukar dan inflasi tinggi adalah faktor-faktor moneter yang merugikan masyarakat bawah.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.