Kok Jadi Abu-Abu? Ini Cara Mengatasi Oksidasi Make Up!

Make up (Ilustrasi: Canva)

Make up (Ilustrasi: Canva)

Like

Be-emers pernah enggak pake make up tapi warnanya berubah? Mungkin warnanya jadi lebih tua atau justru tambah muda? Hmmm, itu tandanya make up kamu oksidasi nih. Tapi ada kok cara mengatasi oksidasi make up.

Oksidasi make up adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan keadaan ketika make up terutama alas bedak mengalami perubahan warna biasanya menjadi keabuan saat diaplikasikan ke wajah.

Hal ini sangat menyebalkan karena apa yang dilihat di kemasan produk tidak sama dengan apa yang  terlihat saat sudah diaplikasikan selama beberapa saat di wajah. 

Banyak hal yang bisa menyebabkan oksidasi, misalnya reaksi dengan udara atau cuaca, kandungan make up tersebut, hingga skincare yang kamu pakai. 

Enggak mau kan make up yang kamu pakai oksidasi terus? Nah, gunakan cara di bawah ini ya Be-emers. 


Cara Mengatasi Oksidasi Make Up



1. Skin Preparation


Penting sekali untuk mempersiapkan wajah dengan beragam skincare yang tepat agar make up menempel sempurna dan tidak teroksidasi. Preparasi harus membuat kulit lembab.

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuat base make up lebih melekat dan siap untuk menerima make up sehingga bisa meminimalisir terjadinya oksidasi.


2. Pakai Primer


Selain mempersiapkan wajah dengan rangkaian skincare yang tepat, perlu juga menggunakan base make up yang sesuai. Base make up ini biasa disebut juga sebagai primer. 

Jika make up tercampur dengan kadar minyak yang berlebih dari kulit kita, maka akan lebih mudah teroksidasi. Kehadiran primer di sini membantu menahan minyak dan membuat make up lebih tahan lama.


3. Kunci dengan Bedak Tabur


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, make up yang bercampur dengan minyak berlebih akan lebih mudah teroksidasi, sehingga perlu dibantu dengan kandungan yang dapat menahan minyak salah satunya adalah bedak tabur.

Bedak tabur digunakan untuk mengunci make up atau di bagian akhir. Pilih bedak tabur translucent atau yang tidak merubah warna dan tidak menggeser make up. 


4. Angkat Minyak Wajah dengan Tisu


Penting untuk memastikan tidak ada minyak yang tertinggal di permukaan wajah. Maka dari itu usap atau bersihkan wajah dengan menempelkan tisu atau kertas minyak. 

Apalagi saat kamu merasa minyak di wajah sudah cukup banyak, maka untuk mengangkat minyak secara instan bisa dilakukan cara ini. Make up akan tetap aman tanpa adanya perubahan warna yang terjadi akibat proses reaksi antara minyak dan alas bedak. 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.