Sosok di Balik Brand Sporty yang Mendunia, Bersaudara dengan Pemilik Adidas

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Brand produk olahraga ternama dunia yang satu ini, belakangan ramai diperbincangkan nih Be-emers. Iya, brand ini ramai diperbincangkan setelah mengeluarkan statement akan mengakhiri dukungan mereka ke Israel.

Kira-kira brand apa ya itu? Clue-nya adalah brand ini merupakan brand yang sudah mendunia dan terkenal akan produk-produk yang sporty dan khusus untuk olahraga. 

Brand ini adalah Puma. Pihak Puma membuat keputusan untuk mengakhiri hubungan dengan tim sepak bola Israel.

Langkah tersebut 'katanya' dilakukan perihal adanya aksi boikot pada merek pendukung Israel yang masih terus melakukan serangan dan genosida ke Palestina.

Tapi, siapa sih sebenarnya sosok di balik berdirinya brand ini?


Sosok Pendiri Brand Puma



Dialah Rudolf Dassler atau akrab dipanggil Rudi, yang merupakan kelahiran Jerman tepatnya di tahun 1898. Rudi memulai perusahaan bersama adiknya, Adolf Dassler atau Adi. Perusahaannya bernama Dassler Brother Shoe Factory.

Baca Juga: Nike Beli Perusahaan Sepatu Virtual untuk Metaverse

Dua saudara ini mendapat ilmu membuat sepatu dari ayahnya yang pernah bekerja di pabrik sepatu. Mereka memulai memasarkan produknya ketika Summer Olympics 1936 di Berlin dan sejak itu, merek sepatu mereka mulai tenar.

Tapi, setelah Perang Dunia II dimulai, keduanya memutuskan masuk dalam partai Nazi. Be-emers tahu kan yaa?

Nah, mereka diterima di Gestapo. Yah sayangnya, dari situlah perseteruan kedua saudara tersebut dimulai. Puncaknya yaitu ketika serangan bom Sekutu tahun 1943, Adi dituding menjadi penyebab Rudi ditangkap oleh Tentara Amerika.


Puma dan Adidas


Dari situlah mereka pecah, bisnisnya pun ikut terpecah. Masing-masing membuat perusahaan sepatu pada 1948. 

Perusahaan Rudi namanya Ruda yang kemudian berganti nama jadi Puma, dan perusahaan Adi namanya Adidas. Setelah terpecah dan akhirnya berpisah, hubungan kedua brand tersebut justru enggak berjalan baik.

Baca Juga: Produsen Sepatu Terkenal di Indonesia

Puma dan Adidas terus bersaing dalam menguasai pangsa pasar. Sekarang, Puma dan Adidas menjadi pelopor alas kaki ringan yang menciptakan sepatu unik untuk setiap acara olahraga.

Walau begitu, mereka terus berekspansi lho. Mereka sudah menguasai 150 negara di dunia, mempopulerkan produk olahraga, sekaligus menjadi pemimpin di dalam industri sepatu olahraga.

Menjadi perusahaan yang dimiliki dan dijalankan oleh keluarga, Adidas dan Puma terus berekspansi. Bukan cuma sepatu olahraga, tapi juga pakaian olahraga, jaket windbreaker, sampai alat-alat olahraga, seperti sepak bola dan raket tenis.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda