Akankah Huawei IPO di Tahun 2024?

Huawei (Foto Matti Blume)

Huawei (Foto Matti Blume)

Like

Tinggal menghitung hari untuk menyelesaikan tahun 2023. Banyak yang memprediksi apa yang akan terjadi di tahun selanjutnya, termasuk dalam sektor ekonomi. Di China, mulai ada pembicaraan mengenai perusahaan yang akan IPO di tahun depan.

Perekonomian China cenderung tidak begitu bagi di tahun ini. Hambatan dalam siklus ekonomi domestik masih terjadi karena permintaan, konsumsi, dan investasi perusahaan masih lemah.

Namun, di tahun depan pemerintah China mengatakan bahwa perekonomian mereka akan membaik. Kebijakan makroekonomi akan terus memberikan dukungan bagi pemulihan ekonomi, kata pejabat Xinhua, kantor berita resmi China.

Untuk mewujudkan kebijakan dan tujuan negara, pemerintah China berencana untuk membuat perusahaan tertentu IPO, salah satunya Huawei. 

Baca Juga: Bermitra dengan ITB, Huawei Indonesia Beri Akses untuk Program Tech-Sharing


Huawei IPO di Tahun 2024?



Mengutip dari Reuters, CEO Huawei Ren Zhengfei selalu menegaskan bahwa raksasa telekomunikasi yang ia dirikan tidak akan pernah menjadi perusahaan publik dan akan fokus bekerja demi cita-cita masyarakat yang lebih besar.

Namun, penawaran umum perdana mungkin akan segera dilakukan jika kepentingan nasional Tiongkok dipertaruhkan. Ini berkaitan dengan tujuan dan arahan Xi Jinping yang menekankan pentingnya inovasi dan swasembada teknologi.

Huawei dinilai dapat membantu Beijing mewujudkan hal tersebut. Namun investasi dalam penelitian dan pengembangan di tengah pembatasan yang dilakukan AS telah menimbulkan dampak buruk. 

Baca Juga: Jaringan 5G Huawei Dilarang di Inggris, Ada Apa?

Margin laba operasional Huawei telah menyusut dari lebih dari 10 persen pada tahun 2018 menjadi kurang dari 7 persen pada tahun 2022, ketika laba bersih tahunan turun menjadi hanya US$5,1 miliar. 

Dengan pendapatan 25 kali lipat lebih tertinggal dari Apple, Huawei akan bernilai US$128 miliar. Namun, perusahaan tersebut bisa bernilai lebih dari itu. 

Ni Guangnan, mantan chief technology officer di Lenovo dan pendukung lama China dalam mengembangkan chip pemrosesannya sendiri, berpendapat pada tahun 2019 bahwa Huawei dapat bernilai US$1,3 triliun. 

IPO Huawei mungkin akan mendapat sambutan gembira dan memberikan semangat bagi perekonomian China dan pasar sahamnya.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.