Bikin Resolusi Tahun Baru Kok Gagal Terus? Coba Terapkan Cara Ini!

PHOTO: GETTY

PHOTO: GETTY

Like

Resolusi tahun yang baru, berarti diri yang baru. Kalimat tersebut adalah kata-kata yang sering dituliskan pada judul “resolusi tahun baru”, tahun baru adalah sebuah kesempatan untuk mengubah diri menjadi diri lebih kreatif, baru dan penuh dengan semangat dan goals yang ingin dicapai.

Terus, apa resolusi saya sebagai anak yang duduk di bangku SMA kelas satu? 

Tahun 2023 yang dipenuhi banyak pengalaman (dan tentunya akan bertambah banyak dalam tahun ini dan berikutnya) dipenuhi banyak belajar yang bisa saya ambil untuk memperbaiki diri saya sendiri.

Ada banyak flaws atau kekurangan yang saya dapat dari pengalaman-pengalaman yang saya jalani, tentu juga ada banyak hal baik tentang saya yang saya dapati dari pengalam tersebut. 

Saya tidak akan tau apa yang akan terjadi dalam tahun ini, bulan habis bulan dan minggu habis minggu. Saya tidak akan tau apa yang akan terjadi kepada diri saya sendiri, maka itu resolusi saya adalah untuk mengubah diri.


Banyak orang akan menjadikan ini sebagai resolusi 2024 mereka dan hal itu tidak ada salahnya, tetapi jebakan yang akan kita alami sepanjang jalan adalah kemalasan untuk berubah, tanpa kita sadari kita akan kembali ke diri kita yang lama jika kita tidak teliti, dan hal itu terjadi kepada saya. 

Baca Juga: Perlukah Membuat Resolusi di Awal Tahun?

Saat 2023 saya menyusun sebuah resolusi bahwa saya ingin berubah menjadi karakter yang lebih sabar dan lebih giat belajar. tetapi ujung-ujungnya sama saja dan tidak ada perubahan. Bagaimana kita mencegah hal ini? 


Cara Agar Resolusi Tahun Baru Tidak Gagal


Tenang! Ada beberapa konsep atau tips yang bisa saya berikan untuk kalian yang mempunyai resolusi 2024: Menjadi Lebih Baik. 


Cerminkan diri


Hal ini sudah terbiasa didengar bukan? Tetapi nyatanya jika kita mau berubah kita harus menggali dan melihat lebih dalam dengan apa attitude terburuk kita sebagai manusia. Tentu tidak ada manusia yang sempurna, jadi jangan terlalu tertekan dengan attitude buruk kita, yang penting kita tau dan mau berubah! 

Perubahan adalah hal yang sangat panjang dan kompleks dimana kita mungkin sering sekali main curang. Contohnya, jika seorang yang ingin kurus dan sudah membuat tujuanya untuk kurus, sudah berolahraga beberapa kali tetapi sering memakan makanan yang tidak sehat.

Sama saja bukan? Pikiran seperti ‘saya sudah berolahraga, saatnya saya memberikan sebuah hadiah untuk diri saya sendiri karena saya sudah berolahraga” dan hadiah tersebut adalah makanan yang tidak sehat, process kita akan turun dan menurun. ujung-ujungnya orang tersebut tidak akan mendapat hasil apa pun. 

Lalu apa yang harus kita lakukan? Motivasi diri adalah jawaban yang sering saya gunakan. Terus, bagaimana memberikan motivasi pada diri sendiri? Jika kita sudah membuat sebuah tujuan untuk menjadi lebih kurus jangan bilang bahwa kalian sedang ingin kurus, tetapi bilang bahwa kalian akan menjadi lebih kurus.

Sedang dan akan adalah kata yang berbeda, dan dengan meninggalkan pikiran kita yang dulu (bahwa kita sedang kurus) kita akan melabel kita sebagai orang yang akan kurus! 

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Wajib Jadi Resolusi Kamu!

Motivasi akan terwujud jika kita terus dan menerus meyakini diri sendiri bahwa kita adalah tujuan tersebut, selain mengatakan kita juga harus menjalani tindakan yang nyata. 


Manusia tidak sempurna


Jangan pikir bahwa progress itu adalah hal yang susah dan suram, tentu tidak. Jika kita menikmati progress kita maka bisa-bisa saja progress tersebut akan menjalan lebih cepat, tetapi bagaimana kita menikmati progress itu? 

Ingat bahwa kita adalah manusia! tidak ada yang sempurna dan sering sekali kita jatuh di tempat yang sama, tetapi apakah itu alasan? Tentu tidak!

Walaupun tidak ada yang sempurna, kita sebagai manusia harus mempunyai jiwa ingin mencoba, mencoba hal yang baru jika kita tidak cocok, sekali-sekali istirahat dan jangan terburu-buru mencapai tujuan yang kalian ingin tuju. 

Saya ambil ilustrasi tadi dimana seorang ingin menjadi kurus, setiap hari orang tersebut berolahraga, jogging, yoga, makan sehat, dll. Tetapi apakah mereka masih bisa memakan makanan seperti es krim dan minuman seperti soda? Tentu bisa!

Jangan melanggar keinginan kalian, hal yang paling penting adalah bahwa orang tersebut sadar diri bahwa mereka tidak boleh sering mengkonsumsi makanan tersebut. 

Satu lagi, jika seorang ingin menjadi pintar. Belajar setiap hari, apakah orang tersebut boleh istirahat seperti menonton film? Tentu bisa! Tidak ada yang melarang, yang pentingnya adalah orang tersebut tahu waktu mereka kapan nonton dan kapan kembali belajar. 

Kita harus menikmati proses kita karena kita tidak tahu kapan process kita akan menghasilkan sebuah hasil, selain sabar kita harus menyayangi diri sendiri. 


Mengasihi diri sendiri 


Tips terakhir yang akan saya kasih ada menyayangi diri sendiri, sama seperti konsep nomor dua. Kita tidak boleh menekan diri sendiri, karena siapa yang suka perasaan menekan? Memang iya goals kita adalah hal penting yang harus diwujudkan untuk berapa orang tetapi apakah itu adalah seluruh hidup kita?

Sama sekali tidak! sebuah tujuan adalah progress dimana kita mengubah diri untuk menjadi versi yang lebih baik, sebuah tujuan bukanlah tugas yang ada deadline. Sadari bahwa kita adalah manusia yang perlu kebahagiaan!

Tanpa sadar jika kita bahagia waktu berlalu dan bisa-bisa saja hasil tujuan kita muncul di depan muka kita karena kita melakukan hal tersebut dengan senang hati. 

Jika kita berolahraga, berolahragalah dengan keluarga atau teman dekat, jika kita belajar ambil jam sedikit untuk istirahat dan membuat diri senang, jika kita lagi diet sekali-sekali makan makanan yang membuat kenyang.

Terpenting kita tau apa yang ingin dituju! kita masih mempunyai banyak waktu, 2024 masih lama akhirnya! yuk menjalani tujuan kita bersama dengan kesenangan.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.