4 Hal Penting yang Wajib Jadi Resolusi Kamu!

4 Hal Penting yang Wajib Jadi Resolusi Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

4 Hal Penting yang Wajib Jadi Resolusi Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Setiap pergantian tahun, atau bahkan momen perayaan bertambahnya usia, banyak orang yang memutuskan untuk membuat resolusi. Nah, ketimbang resolusi yang muluk-muluk, ada sejumlah hal-hal penting yang justru wajib jadi resolusi kamu lho, Be-emers!

Kamu suka bikin resolusi setiap tahun baru atau pas momen ulang tahun?

Tenang, hal itu wajar kok dilakukan. Soalnya, resolusi bisa menjadi acuan kamu untuk memperbaiki diri atau mencapai tujuan tertentu.

Dikutip dari laman SehatQ, resolusi merupakan sebuah keputusan untuk melakukan sesuatu yang dibuat guna menyelesaikan berbagai masalah. Resolusi juga dibuat untuk membantu kamu meningkatkan tujuan hidup lho!

Saat ingin membuat resolusi, tentu saja kamu harus melakukan evaluasi diri terlebih dahulu untuk bisa merencanakan masa depan. Misalnya, di tahun sebelumnya kamu kurang istirahat, nah di tahun yang baru, kamu bisa membuat resolusi tidur 8 jam per hari guna membuat pola hidup menjadi lebih seimbang.


Selain itu, menentukan hal-hal untuk dijadikan resolusi juga penting nih. Lalu, apa saja hal-hal yang wajib jadi resolusi kamu?

Baca Juga: Sulit Menyusun Business Plan dan Menentukan Model Bisnis? Begini Caranya
 

Resolusi Keuangan

Keuangan jadi hal penting yang wajib masuk resolusi kamu nih, Be-emers. Bukan semata-mata ingin mengejar kekayaan, resolusi keuangan bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki kesejahteraan diri lho, Be-emers.

Apalagi, setiap tahun, kebutuhan semakin meningkat dan harga-harga barang semakin naik. Jika kamu masih konsumtif, ada baiknya keuangan yang baik masuk dalam daftar resolusi kamu.

 

Resolusi Keuangan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Resolusi Keuangan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva



Misalnya, kamu bisa menjadikan financial freedom atau merdeka secara finansial sebagai resolusi tahunan. Nah, untuk meraihnya, kamu bisa mulai dulu dengan menyiapkan dana darurat, melunasi utang, dan mulai berinvestasi.

Selain itu, penting juga untuk selalu membuat anggaran keuangan rutin, agar kamu bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran dengan baik untuk mencegah pemborosan. Terakhir, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.
 

Resolusi Kesehatan

Hidup enggak ada artinya kalau kamu juga enggak sehat. Makanya, kesehatan itu mahal dan penting untuk dijaga, Be-emers.

Mungkin selama ini kamu cenderung punya gaya hidup yang kurang sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, hingga sering begadang. Gaya hidup yang enggak sehat seperti itu bakal punya efek jangka panjang untuk kesehatan tubuh kamu lho.

 

Resolusi Kesehatan Illustration Bisnis Muda - Image; Canva

Resolusi Kesehatan Illustration Bisnis Muda - Image; Canva


Untuk itu, kamu bisa membuat resolusi kesehatan mulai dari hal-hal yang sederhana kok. Misalnya, mengurangi makanan berlemak, makan buah-buahan dan sayuran, lari pagi, dan meningkatkan kualitas istirahat dengan tidur cukup selama 8 jam.
 

Resolusi Prestasi dan Pengembangan Diri

Bagi sebagian orang, hidup tanpa tujuan itu terasa hampa banget lho. Kamu sering merasa seperti itu enggak, Be-emers?

Padahal, hidup itu harus terus berkembang. Jangan sampai, kamu malah ketinggalan zaman dan hanya berdiam diri di zona nyaman ya!

 

Resolusi Prestasi dan Pengembangan Diri Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Resolusi Prestasi dan Pengembangan Diri Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Nah, meningkatkan prestasi dan mengembangkan keahlian diri bisa menjadi resolusi kamu nih. Prestasi itu enggak harus meraih juara di sekolah atau kampus, kamu bisa meraih prestasi dengan meningkatkan skill.

Baca Juga: Soft Skill Apa Aja Sih yang Kamu Butuhkan Biar Sukses? Cek di Sini

Misalnya, kamu bisa aktif mengikuti seminar, workshop, dan kompetisi. Dengan begitu, kamu akan bisa mengukur sejauh mana sih keahlian dan motivasi kamu dalam meraih sesuatu.

Prestasi yang kamu raih juga bisa berguna banget untuk pengembangan diri dan protofolio kamu di masa depan!
 

Resolusi Hiburan

Yang terakhir nih, kamu bisa menulis resolusi hiburan sebagai motivasi self-reward lho! Hal ini bisa membantu kamu untuk bekerja lebih giat, agar kamu bisa bersenang-senang usai bekerja keras.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Self Reward Dan Bagaimana Cara Self Reward Yang Benar

Misalnya, kamu bisa membuat resolusi destinasi liburan, barang yang ingin dibeli, hobi baru, hingga daftar buku yang mau diselesaikan untuk dibaca.

 

Resolusi Hiburan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Resolusi Hiburan Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Ingat, semuanya harus sesuai dengan kemampuan dan bisa membawa dampak positif untuk kamu ya, Be-emers.

Jadi, apa resolusi kamu tahun ini?