Perekonomian China Menghadapi Tahun Kritis Melawan Deflasi

China (Foto: Canva)

China (Foto: Canva)

Like

Mengawali tahun 2024, China dalam keadaan yang tidak baik-baik saja terutama dari segi perekonomiannya. Banyak analis ekonomi yang memprediksi bahwa ekonomi China akan melambat di tahun 2024 ini. 

Pemerintah China sendiri meramal bahwa akan melampaui target pertumbuhan tahun 2023. Namun, melihat prospek saat ini bahwa rata-rata konsumen di China masih sangat berhati-hati sepertinya akan lebih sulit. 

Perekonomian China kemungkinan akan tumbuh pada tingkat tahunan terlemahnya selama lebih dari tiga dekade pada tahun 2023, berdasarkan data yang diperkirakan akan dirilis pada hari Rabu (17/01), karena negara tersebut terpukul oleh krisis properti yang melumpuhkan, konsumsi yang lesu, dan ketidakpastian global.

Krisis real estate yang sulit diatasi, rekor pengangguran kaum muda, dan perlambatan global juga menghambat mesin pertumbuhan China. Padahal sektor properti telah lama menyumbang sekitar seperempat perekonomian China.

Penurunan properti sudah memasuki tahun ketiga, ekspor melemah, investor yang waspada menjauhi pasar keuangan Tiongkok, dan para pembuat kebijakan berjuang melawan apa yang menurut para analis Morgan Stanley merupakan tekanan deflasi terpanjang di negara ini sejak krisis keuangan Asia pada tahun 1997-1998.


Baca Juga: Pabrik Apple Bakal Pindah ke India, Imbas Protes Cina?


Deflasi China


Kurang lebih sama seperti tahun 2023, sektor properti masih jadi yang paling tidak pasti di tahun 2024. Pemerintah telah mengumumkan berbagai inisiatif, baru-baru ini mengungkapkan bahwa bank sentral pada bulan Desember menyalurkan Rmb350 miliar (US$49 miliar) ke bank melalui fasilitas yang dikenal sebagai “pinjaman tambahan yang dijaminkan”.

Pada bulan Desember, penjualan properti Tiongkok masih hanya 60 persen dari tingkat penjualan properti pada tahun 2019 sebelum pandemi di 30 kota besar.

Di luar sektor properti, para ekonom berpendapat bahwa paket stimulus yang lebih luas dan reformasi sangat diperlukan untuk memulihkan perekonomian.

“Deflasi sangat mengkhawatirkan bagi negara seperti Tiongkok yang mengumpulkan utang publik lebih cepat dibandingkan Jepang,” kata Alicia García-Herrero, kepala ekonom untuk Asia-Pasifik di Natixis. 

Selama masa deflasi, harga dan upah turun, namun nilai utang tidak turun, sehingga menambah beban pembayaran kembali.

Baca Juga: Indeks Saham Global Terjun Bebas Imbas Protes Cina

Pemerintah pusat perlu menyediakan paket fiskal yang menargetkan konsumsi daripada lebih banyak investasi di bidang manufaktur, kata Xing dari Morgan Stanley. 

Hal ini dapat memberikan manfaat bagi ratusan juta pekerja migran di Tiongkok, misalnya dengan menawarkan mereka lebih banyak akses terhadap tunjangan sosial, sehingga mengurangi insentif mereka untuk menimbun tabungan dibandingkan membelanjakan uangnya.

“Kita memerlukan perubahan tegas menuju pelonggaran fiskal,” kata Xing. “Tentu saja ukurannya penting dan kecepatannya penting. Jika kebijakan terus gagal, pada akhirnya permintaan kebijakan untuk memutus perangkap deflasi utang ini bisa menjadi lebih besar.”

Para ekonom berpendapat bahwa ekspor, yang menyusut dalam dolar tahun lalu, tidak dapat diandalkan untuk menyelamatkan perekonomian, mengingat lemahnya permintaan global. 

Kebijakan stimulus Tiongkok, yang memprioritaskan perluasan pinjaman bank negara kepada produsen, telah mengakibatkan kelebihan kapasitas dan meningkatnya perselisihan dengan mitra dagang seperti Uni Eropa.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.