Pizza Kulit Pisang Dengan Saus Tomat Kornet Daging Sapi

Pizza Kulit Pisang dengan Saus Tomat Kornet Daging Sapi

Pizza Kulit Pisang dengan Saus Tomat Kornet Daging Sapi

Like

Pandemi COVID-19  membuat banyak aktivitas menjadi terbatas. Tagar #dirumahaja pun terus dikampanyekan banyak orang, untuk tujuan mencegah penyebaran virus ini ditengah masyarakat.

Meski demikian, banyak cara kok agar kamu bisa tetap produktif, kreatif dan inovatif walaupun #dirumahaja. Salah satu caranya dengan memanfaatkan bahan-bahan tidak terpakai atau yang sering disepelekan kegunaannya, yang akhirnya terbuang di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Nah salah satu bahan yang disepelekan itu adalah kulit pisang, kebanyakan orang hanya memanfaatkan daging buahnya saja untuk dimakan langsung ataupun diolah menjadi beberapa produk makanan. Namun, taukah kamu bahwa ternyata kulit pisang mengandung nutrisi loh.

Dikutip dari faktualnews, ternyata kulit pisang mengandung beberapa nutrisi diantaranya; Air (69,8%), Karbohidrat (18,5%), Lemak (2,11%), Protein (0,32%), Kalsium 715 mg/100gr, Fosfor 117 mg/100gr, Besi 1,6 mg/100gr,  Vitamin B 0,12 mg/100gr, Vitamin C 17,5 mg/100gr (Munadjim, 1998).

Nah sayang sekali bukan dengan semua nutrisi tersebut tetapi kulit pisang tidak dimanfaatkan secara optimal? Atau sekedar sebagai pakan ternak ataupun pupuk tanaman.


Oleh karena itu penulis ingin berbagi tips nih buat kamu, bagaimana cara memanfaatkan kulit pisang menjadi salah satu produk makanan yang kekinian yaitu Pizza. Siapa sih yang tak kenal dengan kuliner satu ini?

Sajian asal Italia ini digemari anak-anak hingga orang dewasa.Sangking terkenalnya di seluruh dunia, Pizza pun banyak dibuat ragamnya. Ada Pizza sayuran, Pizza buah-buahan, hingga Pizza dari mi, namun kali ini ada inovasi baru nih yaitu Pizza berbahan dasar kulit pisang, dengan saus tomat dengan kornet daging sapi, juga dengan taburan bawang bumbai dan irisan sosis sebagai toppingnya, hmm selerah banget ya

Nah, pada penasaran gak untuk resep Pizza kulit pisangnya? ????Yuk kita simak agar kulit pisang dirumah kamu tidak lagi dibuang dan menimbulkan sampah. Bahannya cukup simple kok di antaranya:

Bahan adonan Pizza:
150gr Kulit Pisang
250gr Tepung Terigu
6gr Ragi
2 sdm Gula Pasir
5 sdm Minyak 
½ sdm Garam
150 ml air hangat yang sudah dilarutkan susu bubuk 2 sdm
Bahan Topping:
100gr Cornet Daging Sapi 
1 Buah Sosis/Sesuai selerah
1 Siung Bawang Bombai/ditaburkan sesuai selerah
Saus Tomat secukupnya sesuai selerah

Cara Membuat:
1. Pilih kulit pisang yang tidak lebih dari 4 jam pasca dipisah dari daging buahnya, kemudian cuci bersih kulit pisang, lalu rebus dengan air mendidih yang ditambahkan ½ sdt garam selama 30 menit, kemudian dinginkan dan haluskan menggunakan mesin penghalus/blender.

2. Campurkan ragi, gula pasir, kulit pisang yang sudah dihaluskan ke dalam susu hangat. Kemudian aduk dan diamkan kurang lebih 3 menit hingga berbusa (tanda ragi aktif)

3. Campurkan bahan proses 1 dan 2 kedalam adonan, kemudian tambahkan tepung terigu, dan garam, lalu uleni sebentar kemudian masukkan minyak dan uleni hingga adonan kalis. Diamkan kurang lebih 45 menit di dalam wadah yang tertutup rapat hingga mengembang.

4. Setelah adonan mengembang, bagi 2 atau bagi sesuai dengan ukuran loyang anda dan bentuk adonan Pizza anda lalu tambahkan bahan-bahan topping di atasnya, dan kemudian panggang pizza dalam oven dengan suhu 180 derajat dengan api atas bawah selama 20 menit. Kemudian sajikan Pizza selagi hangat. 

Semoga bermanfaat  selamat mencoba….