Bimbang Beli Rumah atau Mobil? Ini Pertimbangannya!

Beli rumah atau mobil? Foto: Canva)

Beli rumah atau mobil? Foto: Canva)

Like

Rumah dan mobil adalah dua hal yang sering membuat galau keluarga muda. Mereka bingung mana yang harus dibeli dahulu. Antara rumah dan mobil, apa pertimbangan untuk membeli lebih dulu?

Mulai dari keuntungan hingga kerugiannya pelu untuk dicermati keluarga muda yang sedang mempertimbangkan membeli kedua barang ini. Sebenarnya dua-duanya bisa dijadikan investasi, tergantung dari perspektif mana.


Pertimbangan Membeli Rumah Dahulu


1. Bisa mendapat pemasukan tiap bulan lebih besar


Membeli rumah berarti jadi memiliki aset properti yang bisa disewakan. Keadaan ini bisa anda manfaatkan dengan menjadikannya bangunan sewa dengan tarif yang anda tentukan sendiri.

Semuanya diatur oleh anda mulai dari waktu sewa, biaya sewa, sampai orang yang boleh menyewa. Tanpa membersihkan dan merawat unit bangunan tersebut setiap hari anda sudah bisa mendapatkan pemasukan setiap bulannya. 


2. Keuangan lebih stabil.


Investasi rumah berbeda dengan investasi jenis lainnya yang nilai jual barangnya dipengaruhi oleh hal-hal lain yang sifatnya global. Jika emas dipengaruhi nilai tukar dolar Amerika, harga emas dunia, permintaan emas dunia dan lain sebagainya, rumah lebih kecil pengaruhnya.


Rumah akan selalu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari nilai belinya. Apalagi rumah dijual sepaket dengan tanah, jadi ketika membeli rumah juga membeli tanah tempat bangunan itu berdiri, ada dua harga yang dibayarkan.

Baca Juga: Pemerintah Bagikan Kesempatan Emas Beli Rumah Bebas PPN!

Jadi dengan berinvestasi rumah keuangan anda dan keluarga akan stabil karena ada jaminan pemasukan setiap bulan di luar gaji pokok yang bisa kapan saja terjadi hal tidak diinginkan.


3. Bisa menjadi tabungan masa pensiun


Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua karyawan perusahaan swasta mendapat uang gaji atau tidak semua dibayar lagi setelah pensiun. Investasi rumah bisa menjadi tabungan lain untuk masa pensiun atau menuju masa pensiun diluar gaji pokok yang diterima tiap bulan.

Meski awalnya harus menyiapkan modal yang tidak sedikit sebagai dana membeli rumah beserta tanahnya. Melihat perkembangan bisnis properti di Indonesia saat ini modal untuk pembelian dapat kembali dalam kurun waktu kurang lebih 5 tahun, tergantung seperti apa rumahnya.

Namun dari situ sudah dapat dipastikan ada dana atau pemasukan yang tidak sedikit saat pensiun kelak. Selain itu aset properti yang dimiliki juga dapat digunakan sendiri sebagai hunian atau ruang usaha lain.


4. Aman

 
Saat melakukan investasi di bidang perumahan, interaksi atau transaksi yang terjadi tidak hanya antara penjual dan pembeli. Namun bisa melibatkan pihak luar yang memiliki wewenang seperti bank, notaris, dan bahkan lembaga lelang atau pengadilan.

Aktivitas yang dilakukan dibawah badan hukum ini akan mendapat jaminan keamanan yang lebih tinggi dibanding investasi lain yang tidak melibatkan badan hukum. 


Pertimbangan Membeli Mobil Dahulu


1. Pasar tidak akan pernah surut


Setiap tahunnya bidang otomotif khususnya mobil selalu berkembang. Bermacam-macam jenis mobil baru keluar setiap tahunnya. Semakin banyak juga orang yang membutuhkan mobil dan memiliki kemampuan untuk membeli mobil.

Penggemar otomotif khususnya mobil juga semakin meningkat setiap tahunnya. Mobil juga dapat dikatakan membawa pride atau gengsi tersendiri bagi pemiliknya sehingga pembelian mobil menjadi hal yang akan selalu dilakukan oleh orang-orang.

Baca Juga: Sebelum Transaksi, Ini Pentingnya Inspeksi Mobil Bekas!


2. Memudahkan mobilisasi pribadi


Mobil adalah kendaraan yang bisa memuat banyak orang, memiliki mobil tentu memudahkan mobilisasi apalagi keluarga yang terdiri lebih dari dua anggota. Membeli mobil untuk investasi bisa juga menjadikan mobil tersebut untuk penggunaan pribadi sebelum nantinya dijual kembali.


3. Lahan pemasukan tiap bulan.


Mobil bisa disewakan atau direntalkan. Bahkan bisa digunakan untuk menjadi taksi online. Saat ini banyak instansi-instansi yang membutuhkan mobil untuk mobilisasi perusahaannya namun sumber daya perusahaan belum mencukupi untuk membeli mobil sendiri.

Akhirnya instansi-instansi tersebut menyewa mobil pada orang lain untuk dijadikan mobil perusahaan. Nah, mobil yang kita miliki bisa dimanfaatkan untuk hal ini dan mendapat pemasukan yang pasti setiap bulannya disamping gaji pokok kita. 


4. Tidak membutuhkan dana yang besar


Dibandingkan rumah, uang yang dikeluarkan untuk membelinya lebih sedikit. Umumnya harga mobil yang beredar di pasaran saat ini masih bisa dijangkau dari kalangan menengah ke bawah sampai menengah ke atas.

Dengan modal 150-200 juta rupiah anda sudah dapat membeli sebuah mobil yang bisa digunakan untuk bermacam-macam kebutuhan yang bisa mendatangkan keuntungan.

Modal yang dikeluarkan untuk membeli mobil ini dapat kembali dalam kurun waktu kira-kira 5-7 tahun. Jika membeli lebih dari satu mobil tentu waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian mobil menjadi lebih sedikit, bukan?

Kita tidak dapat melihat hanya dari satu sisi saja tanpa membandingkan dengan aspek-aspek lainnya. Terpenting, harus sesuai dengan kebutuhan pribadi dan keluarga. 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.