Tools Digital Marketing Google Ini Bantu Kamu Promosi!

Google (Foto: Canva)

Google (Foto: Canva)

Like

Agar persiapan semakin sempurna dalam menjalankan digital marketing, kamu perlu mengetahui perangkat atau aplikasi yang dapat dimanfaatkan guna menunjang terlaksananya digital marketing.


Tools Digital Marketing Google untuk Promosi


Bisa dikatakan digital marketing adalah teknik pemasaran yang sedikit rumit karena berhubungan dengan banyak sekali hal. Banyak juga strategi-strategi yang harus dijalankan, banyak aspek yang perlu diperhatikan, dan banyak orang yang harus diajak bekerjasama dalam melakukan digital marketing.

Salah satu bagian yang menunjang dan perlu diperhatikan dalam melakukan digital marketing adalah tools atau alat apa yang sebaiknya dipakai untuk melancarkan digital marketing sobat. 


1. Google Analytics


Tools pertama datang dari Google, perusahaan teknologi multinasional yang spesialisasinya pada hal-hal yang berkaitan dengan internet. Sesuai namanya, Google Analytics ini melakukan analisa.

Baca Juga: Traffic Website Menurun Setelah Google Update? Lakukan 3 Langkah Ini!


Sebagai seorang pelaku digital marketing yang menjalankan strategi dan taktik digital marketing tentu kita memiliki laman website atau blog sendiri sebagai ‘rumah’ dari brand atau produk kita, juga untuk memasarkan dengan statis. Kita pasti akan sering berhubungan dengan website atau blog brand kita.

Mengelola, melakukan monitoring, menganalisa, memperbaharui, dan lain sebagainya pasti hampir setiap hari dilakukan oleh para pelaku digital marketing. Dalam satu hari pasti kita setidaknya membuka laman website atau blog brand kita satu kali.

Nah, Goolge Analytics akan membantu pekerjaan anda dalam analisis website atau blog dari brand anda. Saat ini penggunaan Google Analytics menjadi sebuah keharusan karena tuntutan zaman semakin mengembangkan praktik digital marketing dari banyak aspek. 

Google Analytics bekerja dengan cara menganalisa traffic yang dibawa website atau blog anda. Mengonversi berapa pengunjung sehari, analisa aktivitas yang ada di website atau blog anda setiap hari, dan lain sebagainya yan berhubungan dengan analisis website atau blog.

Untungnya, tools ini tidak memakan biaya alias gratis. Anda bisa menggunakannya sebebasnya di Internet. 


2. Google Adwords


Satu lagi tools atau alat yang diberikan Google untuk memudahkan praktik digital marketing saat ini. Google Adwords ini berkaitan dengan popularitas produk atau brand anda. Menjadi produk atau brand yang berada pada posisi strategis saat dicari di internet adalah keharusan bagi setiap pelaku bisnis digital marketing. 

Search engine atau mesin pencarian menjadi hal penting dalam hal ini. Semua pelaku digital marketing pasti menginginkan produk atau brandnya berada pada urutan teratas hasil pencarian di mesin pencari, atau minimal berada pada laman pertama hasil pencarian.

Baca Juga: Google Umumkan Bakal Ada Fitur Baru untuk Android

Guna mencapai hal tersebut para pelaku digital marketing menggunakan teknik digital marketing Search Engine Marketing (SEM). Google Adwords dapat digunakan bersama SEM. 

Google Adwords adalah platform periklanan yang dibentuk Google dimana para pelaku bisnis dapat mengatur iklan bisnisnya sendiri. Sobat bisa mengatur penempatan iklan di mesin pencarian google atau jaringan google lain.

Intinya sobat membayar agar bisnis sobat berada pada urutan yang sobat mau dalam hasil pencarian di mesin pencari sesuai keyword yang sudah ditentukan.

Tidak hanya di mesin pencari Google Adwords juga akan memunculkan iklan sobat di laman lain seperti Youtube dan website-website yang memasang fitur Adsense.


3. Google Suggest


Google tidak berhenti mengeluarkan tools-tools yang membantu dalam menjalankan digital marketing. Google Suggest bukanlah sebuah aplikasi yang harus didownload dahulu baru bisa digunakan.

Tools ini merupakan kata-kata atau keyword yang dimunculkan atau disarankan secara otomatis oleh Google saat pengguna mengetikan suatu kata kunci di kotak pencarian google.

Kata-kata yang muncul dalam saran google merupakan kata kunci yang sering diketik atau dicari orang di kotak pencarian google. Jadi google menganggap kata kunci tersebut dicari banyak orang dan google akan selalu menyarankan kata kunci tersebut. 

Google Suggest dapat dijadikan rujukan dan riset terhadap kata kunci yang banyak dicari orang. Sehingga para pelaku digital marketing dapat menentukan kata kunci yang sesuai dan menguntungkan bagi bisnis atau brandnya.

Dengan adanya brand anda di kotak mesin google suggest makan menandakan bahwa produk atau brand anda terkenal, sudah memiliki nama di pasaran dan meningkatkan citra brand anda. Dengan begitu kepercayaan konsumen dan calon konsumen terhadap brand anda meningkat.

Sudah mengenal tools atau alat untuk memudahkan digital marketing itu artinya saatnya mulai mempelajari dan mempraktikan penggunaan tools tersebut dalam digital marketing sobat!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.