Sudah Siap Investasi? Cermati Dahulu Hal Berikut!

Investasi (Foto: Canva)

Investasi (Foto: Canva)

Like

Dari sekian banyak macam investasi kita sudah mencari tahu beberapa di antaranya dan mengerucutkan ke investasi-investasi potensial. Bagi investor muda yang baru icip-icip dunia investasi masih bingung dan mempertimbangkan langkah-langkah dalam berinvestasi. 

Tenang, itu merupakan hal yang wajar ketika awal-awal investasi. Biasanya semakin lama jam terbang seseorang dalam dunia investasi akan semakin terasah pula insting orang tersebut dalam investasi.

Pengetahuan akan dunia investasi yang cukup juga akan sangat membantu perkembangan investor dalam melakukan investasi. Pada dasarnya investor perlu banyak mencari tahu hal-hal yang berkenaan dengan dunia investasinya.


Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Investasi


1. Evaluasi kondisi keuangan pribadi  


Sebelum mengambil tindakan dalam berinvestasi hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat pada keadaan internal diri sendiri, khususnya keuangan pribadi. Apalagi sebagai orang yang sudah berkeluarga kita tidak hanya membawa diri sendiri namun juga pasangan dan anak.

Hal tersebut perlu menjadi pertimbangan yang lebih dalam membuat keputusan. Kondisi keuangan disini meliputi banyak aspek yang berkaitan dengan harta dalam bentuk uang.


Berapakah jumlah gaji setiap bulan yang diterima, apakah ada pemasukan lain setiap bulannya selain dari gaji pokok. Dalam keluarga tersebut pemasukan datang darimana saja, apakah hanya dari satu orang misalnya ayah atau suami atau istri  dengan penghasilan sendiri. 
 
Jika dalam satu keluarga pemasukan tiap bulannya tidak hanya datang dari satu sumber tentu menjadi hal yang baik karena menstabilkan cash flow atau arus kas.

Baca Juga: 7 Cara Investasi Properti untuk Pemula!

Selain pemasukan perlu juga melihat apakah saat ini memiliki hutang, seberapa besar jumlah hutang, bagaimana keadaannya apakah perlu untuk segera dilunasi dan bagaimana proyeksi hutang tersebut kedepannya. 

 
2. Perhitungkan aset yang dimiliki saat ini


Sebelum melakukan investasi pasti kita sudah mempersiapkan dari segi materi. Saat kita berani melakukan investasi itu artinya kita setidaknya sudah memiliki aset, perhitungkan aset yang kita miliki saat ini.

Semakin banyak aset yang dimiliki maka akan semakin memudahkan kita untuk menanamkan modal pada investasi tertentu. Semakin banyak modal yang ditanamkan pada investasi tertentu akan berpengaruh pada keuntungan yang akan kita dapatkan.

Dengan kata lain kita perlu memperbanyak aset untuk mempermudah dalam melakukan investasi, aset bisa banyak bentuknya.  Banyaknya aset yang dimiliki juga akan berpengaruh pada kontinuitas investasi yang dijalani.

Jangan hanya menanamkan modal di satu aset jika ingin mendapat keuntungan yang besar. Suatu aset bisa kapan saja berakhir maka dari itu merupakan hal yang bijak jika memperbanyak aset dan menanamkan modal di beberapa aset. 

 
3. Perhitungkan pengeluaran anda perbulan


Selain melakukan evaluasi berkala pada kondisi keuangan anda, perlu juga memperhitungkan berapa pengeluaran yang dikeluarkan oleh anda pada setiap bulannya.

Anda perlu memastikan agar investasi yang akan anda lakukan tidak menyebabkan keuangan bisnis anda minus. Pengeluaran dan pemasukan bisnis harus seimbang. Jika keseimbangan dari kedua hal tersebut sudah tercapai maka perancangan, perencanaan, dan eksekusi investasi menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Kejar Cuan di Tahun 2024, Pilih Investasi yang Mana?

Kebangkrutan menjadi momok bagi setiap investor khususnya yang baru memulai terjun dalam dunia investasi. Menghindari kebangkrutan salah satunya dengan melakukan perhitungan pengeluaran ini.


4. Membuat perhitungan antara modal yang dikeluarkan dengan keuntungan yang akan diterima


Sebelum memutuskan akan melakukan investasi seperti apa kita harus melakukan riset terhadap investasi tersebut. Pada dasarnya riset yang dilakukan ini untuk mengetahui apakah investasi yang akan kita lakukan ini membawa keuntungan yang lebih besar daripada modal yang kita keluarkan.

Istilahnya tidak hanya balik modal namun juga memberi jumlah dana yang lebih besar dari jumlah modal. Agar dapat mengetahui apakah suatu investasi ini akan membawa keuntungan yang lebih besar dari modal yang dikeluarkan perlu melihat secara jangka panjang.

Perhitungannya apakah dalam jangka waktu yang ditentukan, misal satu tahun atau bisa lebih dari itu tergantung investasinya, jumlah uang yang dikeluarkan untuk modal investasi sudah kembali. 

Tidak hanya itu, untuk seterusnya apakah jenis investasi yang dilakukan ini bisa berkembang terus atau setidaknya tetap bertahan dan tetap menghasilkan pemasukan. 


5. Ikatan hukum atau legalitas investasi


Dalam melakukan investasi, kemungkinan gagal sekecil apapun pasti selalu ada. Guna menekan kerugian yang ditimbulkan akibat kegagalan investasi ini salah satunya dengan adanya ikatan hukum, misalnya surat perjanjian atau kontrak kerja sama.

Di dalam surat perjanjian ini termuat nota kesepakatan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalankan investasi tersebut. Perjanjian hitam di atas putih ini juga sebagai pembagi secara jelas apa yang akan didapatkan dari investasi tersebut. 

Jika dalam perjalanannya investasi mengalami masalah setidaknya ada payung hukum yang melindungi. Semaksimal mungkin usahakan melakukan investasi pada sektor-sektor yang memang berpayung hukum atau legalitasnya terjamin.
 
Nah, itu tadi merupakan hal-hal yang umumnya harus diperhatikan sebelum memutuskan melakukan investasi dan akan terjun ke investasi jenis apa.

Satu hal yang harus disadari oleh setiap investor pemula adalah jangan takut untuk memulai investasi. Waktu yang tepat untuk memulai investasi ditentukan oleh diri anda sendiri.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar berinvestasi, bagaimanapun caranya. Jika tidak mencoba sekarang dan menunda-nunda terus melakukan investasi yang telah lama dilirik bagaimana anda mengerti bahwa anda memiliki kemampuan dan peluang yang besar dalam dunia investasi. 

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.