Bagaimana Strategi Digital Marketing yang Tepat untuk Pemasaran?

Digital Marketing (Foto: Canva)

Digital Marketing (Foto: Canva)

Like

Jumlah pengguna internet Indonesia yang cukup besar tidak bisa diabaikan begitu saja dalam teknik pemasaran brand atau produk anda. Kurang lebih 50 persen dari penduduk Indonesia saat ini, atau sekitar 143 juta orang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Data tersebut didapat dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Meskipun 72,41 persen pengguna internet tadi maerupakan kalangan masyarakat urban tidak menjadi hal yang negatif, justru malah lebih tepat sasaran.

Banyaknya produk yang sejenis dengan brand atau produk anda dan mereka memaksimalkan penggunaan digital marketing untuk pemasarannya membuat anda harus memutar otak memikirkan cara sekreatif mungkin untuk memenangkan persaingan.

Digital marketing memiliki seninya sendiri dan terkadang skill-skillnya didapat dengan cara learning by doing. Bagi anda yang ingin atau sedang menjalankan digital marketing perlu menerapkan strategi-strategi khusus agar peluang memenangkan persaingan semakin tinggi.


Strategi Tepat dalam Digital Marketing


Strategi yang tepat dalam penerapan digital marketing sobat akan membantu meningkatkan efektivitas digital marketing yang sobat jalani. Mau tahu apa saja strategi-strategi yang dianjurkan dalam penerapan digital marketing? Simak ulasannya berikut!


Baca Juga: Krisis di Abad Kedua Puluh, Ini Strategi Unik Gen Z dan Milenial


1. Lakukan Riset


Banyak kesalahan pelaku digital marketing adalah langsung melakukan eksekusi atau menjalankan rencana tanpa melihat, menganalisa, dan melakukan riset pada daerah tempat mereka akan melakukan digital marketing.

Sebelum anda membuat rencana-rencana strategis pada proses digital marketing anda, riset wajib dilakukan agar bisa menemukan formulasi rencana yang paling strategis. 

Selain riset pada lingkungan eksternal, riset juga perlu dilakukan pada lingkungan internal seperti diri anda sendiri, perusahaan anda, produk atau brand  anda, dan hal-hal dalam lingkup internal lainnya.

Anda juga perlu meriset kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang akan didapat dari proses digital marketing ini.


2. Perhatikan Kompetitor


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, digital marketing adalah teknik yang sedang sangat berkembang tidak hanya di Indonesia namun juga dunia. Semua perhatian orang sedang menuju pada praktik digital marketing ini.

Banyak yang tertarik dan ikut menjajal langsung, ada juga yang masih melakukan riset terhadap teknik pemasaran ini. Spotlight yang tinggi pada digital marketing sebanding lurus dengan traffic di dalamnya.

Banyak orang yang mulai memiliki peran di dalam digital marketing. Persaingan dalam dunia ini semakin tinggi setiap harinya. 

Kompetisi adalah hal yang pasti dalam setiap bisnis yang ada, begitu juga dalam dunia digital marketing. Agar peluang keberhasilan digital marketing yang anda jalankan semakin tinggi anda perlu memperhatikan orang-orang lain yang juga mengambil peran dalam dunia marketing.

Anda perlu mengetahui siapa kompetitor anda, bagaimana pola kerja kompetitor, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kompetisi dalam digital marketing. Melakukan pemetaan dan mencari tahu kompetitor akan memudahkan sobat dalam menjalankan langkah-langkah digital marketing selanjutnya.


3. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga


Digital marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan banyak sekali orang, tidak hanya orang-orang yang tergabung dalam tim namun juga orang-orang di luar tim yang masih berkaitan dengan digital marketing yang anda jalankan.

Sobat bisa menggunakan peluang ini sebagai salah satu strategi keberhasilan digital marketing. Anda bisa memperbanyak channel-channel dengan pihak lain sehinggan nantinya bisa melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang biasanya disebut pihak ketiga. 

Pihak ketiga biasanya juga merupakan bagian dari affiliate marketing seperti reseller atau dropshipper. Pihak-pihak lain yang membantu melebarkan pengaruh atau awareness produk/brand anda juga merupakan pihak ketiga yang ikatannya harus terus dijalin.

Baca Juga: Inbound Marketing: Strategi Efektif untuk Menghadapi Era Digital


4. Buat Marketing Plan 


Strategi ini penting dan harus dilakukan oleh anda sebagai dasar dari pengeksekusian digital marketing. Marketing plan adalah rencana pemasaran bagaimana anda akan mengarahkan digital marketing anda, bagaimana konsepnya, dan sebagainya.

Dalam membuat marketing plan anda juga harus menganalisis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman perusahaan atau brand anda. Di dalam marketing plan juga sebaiknya anda sudah merancang strategi yang akan digunakan dalam digital marketing anda.

Marketing plan ditentukan secara berkala, biasanya di awal bulan para pelaku digital marketing membuat marketing plan lengkap untuk satu bulan itu. Marketing plan terdiri dari banyak aspek yang direncanakan dan harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu. 


5. Bangun Identitas atau Branding yang Kuat


Strategi ini dapat dilakukan untuk memperkuat brand atau produk yang anda pasarkan. Sobat harus membangun identitas bisnis yang kuat dan melekat kuat pada brand atau produk anda.

Anda harus membentuk citra tertentu sesuai keinginan yang kuat dan melekat pada brand atau produk anda. Identitas perusahaan dapat menjadi aset terkuat yang menjadi kekuatan dari digital marketing yang dijalankan.

Identitas yang kuat dan konsisten di lekatkan ini dapat menarik pelanggan untuk percaya pada perusahaan anda.

Identitas atau branding yang kuat dapat dibangun dari segala aspek brand atau produk seperti logo, kemasan, desain web, still publikasi, materi pemasaran, media sosial, dan lain sebagainya.

Cara produk anda berinteraksi dengan calon konsumen juga dapat membangun identitas atau branding yang kuat. 


6. Tentukan Goals dan Objectives


Setiap rencana yang baik dan memiliki visi yang jauh ke depan harus memiliki goals dan objectives. Goals adalah target yang dibidik dari perancangan bisnis anda sedangkan objectives adalah tujuan akhir yang ingin dicapai dari berjalannya bisnis anda.

Penentuan goals dan objectives sangat penting dalam strategi digital marketing  agar anda bisa menentukan langkah yang akan diambil guna efektivitas digital marketing yang dijalankan.

Goals dan objectives harus disusun sejelas mungkin sehingga bisa dielaborasi taktik yang tepat untuk mencapai goals dan objectives yang telah kita susun tersebut.


7. Tentukan Key Performance Indicator (KPI)


Key Performance Indicator (KPI) juga disebut dengan indikator kerja. Batasan atau target atau ukuran tingkat keberhasilan strategi yang anda gunakan dalam digital marketing.

KPI lebih baik ditentukan sebelum anda melakukan eksekusi digital marketing agar anda memiliki landasan dalam praktiknya. KPI dibuat agar anda mengetahui sudah sejauh mana digital marketing yang anda jalankan berhasil.

Dalam membuat KPI kita harus realistis namun juga optimis. KPI juga menjadi motivasi bagi pelaku digital marketing untuk meningkatkan kinerja agar strategi yang dijalankan berhasil dan memenuhi KPI.

Misalnya anda menggunakan social media marketing sebagai salah satu cara pengeksekusian rencana digital marketing anda. Anda harus menentukan KPI dari cara yang anda gunakan tersebut, misalnya followers naik sebanyak 5 persen, like dalam setiap postingan mencapai 50 persen dari followers, dan sebagainya.

Agar KPI tercapai anda harus menggunakan berbagai cara yang kreatif dan efektif. Dengan adanya KPI kita jadi tahu jika di tengah jalan menemukan ketidaksesuaian yang diprediksi hasil akhirnya tidak akan mencapai KPI.

Nah, itu dia sobat strategi-strategi yang bisa kami sarankan agar tingkat keberhasilan digital marketing sobat meningkat dan bisa memenangkan persaingan dalam digital marketing. Ayo terapkan strategi-strategi tersebut dalam rencana digital marketing sobat ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.