Eskalator Stasiun Bekasi Viral! Ini 3 Fakta Unik yang Perlu Kamu Ketahui

Eskalator Stasiun Bekasi yang Viral Karena Tak Beroperasi - Image: X @PenerbangRoket

Eskalator Stasiun Bekasi yang Viral Karena Tak Beroperasi - Image: X @PenerbangRoket

Like

Bekasi punya cerita. Salah satunya yang viral di awal tahun 2024, yaitu eskalator di Stasiun Bekasi yang enggak berfungsi selama kurang lebih 100 hari!

Seperti selayaknya fasilitas umum, eskalator tentu mempermudah akses publik untuk bergerak lebih nyaman.

Misalnya, kamu sedang pegal-pegal, eskalator akan mempermudah akses kamu ketimbang menaiki atau menuruni sebuah tangga. Eskalator juga mempercepat mempermudah kamu yang membawa banyak barang atau dengan dimensi yang cukup besar, seperti koper.

Enggak heran, keberadaan eskalator sangat dibutuhkan di ruang-ruang publik. Seperti mall, bandara, terminal bus, dan stasiun.

Kini, sejumlah stasiun kereta di Pulau Jawa sudah dilengkapi dengan fasilitas eskalator. Salah satunya yaitu Stasiun Bekasi.


Baca Juga: Naik Kereta Kelebihan Stasiun Bisa Kena Denda hingga Blacklist!
 

Fakta Menarik Eskalator Stasiun Bekasi

Nah, yang menarik perhatian masyarakat belakangan ini adalah tersedianya eskalator di Stasiun Bekasi, tapi cuma jadi “pajangan” alias enggak bisa berfungsi.

Padahal, Stasiun Bekasi merupakan stasiun kereta terbesar di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Stasiun yang dibangun sejak tahun 1880-an itu  enggak cuma melayani penumpang KRL Jabodetabek, tapi juga penumpang kereta api jarak jauh dan kereta bandara Soekarno Hatta.

Makanya, keberadaan eskalator ini jadi penting banget bagi pengguna kereta yang berangkat maupun yang tiba di Stasiun Bekasi.

Jadi viral, kita simak fakta menarik eskalator Stasiun Bekasi yuk!


1. Dari 12 Eskalator, Hanya 2 yang Rusak

Sekedar info, Stasiun Bekasi yang merupakan stasiun tua peninggalan masa kolonial Belanda itu tercatat memiliki 12 unit eskalator yang disiapkan untuk menunjang pelayanan publik.

Nah, dua eskalator di antaranya sementara tidak bisa digunakan dan sedang mengalami perbaikan sejak Oktober 2023.
 

Stasiun Bekasic- Image: Wikimedia

Stasiun Bekasic- Image: Wikimedia


Dua eskalator yang belum bisa difungsikan tersebut berada di sisi utara peron 3 dan 4 serta ada di pintu keluar sisi utara Stasiun Bekasi. Sementara itu, 10 eskalator lainnya masih beroperasi secara normal.

Jadi, dua eskalator yang viral karena belum bisa beroperasi tersebut bukan satu-satunya akses yang digunakan publik di Stasiun Bekasi. Sebab, masih ada tangga, lift, dan 10 eskalator lainnya yang masih bisa digunakan.

Meskipun, hal itu bukan jadi alasan pihak Kereta Api Indonesia dan Kemenhub untuk lalai dalam mempercepat perbaikan fasilitas publik tersebut.


2. Viral Karena Karangan Bunga dan Batu Nisan

Nah, ini puncak eskalator Stasiun Bekasi jadi viral di media sosial dan media massa. Berawal dari akun X (Twitter) @PenerbangRoket yang terus menghitung hari dimana eskalator tersebut tak kunjung beroperasi secara normal.
 

Kondisi Eskalator Stasiun Bekasi yang Terus Diupdate oleh @PenerbangRoket - Image: X @PenerbangRoket

Kondisi Eskalator Stasiun Bekasi yang Terus Diupdate oleh @PenerbangRoket - Image: X @PenerbangRoket


Hingga di hari ke-100 eskalator itu enggak beroperasi, tepatnya di tanggal 31 Januari 2024, pemilik akun tersebut menaruh karangan bunga “Turut Berduka CIta atas Wafatnya Eskalator Stasiun Bekasi” dan replika kuburan, lengkap dengan batu nisan kecil bertuliskan “R.I.P Eskalator Stasiun Bekasi” tepat di depan eskalator tersebut.

@PenerbangRoket kemudian meng-upload momen tersebut di akun X miliknya dan jadi viral!

Baca Juga: Yuk Berburu Konten, Ini Tips Bikin Konten Viral


3. Suku Cadang Perbaikan Eskalator Bekasi Mesti Impor!

Viralnya cuitan dari @PenerbangRoket di X rupanya enggak cuma cari sensasi doang nih. Alhasil, gara-gara viral, pihak DJKA Kemenhub pun memberikan responnya dan berjanji untuk segera mempercepat proses perbaikan eskalator.

Dikutip dari Bisnis.com, alasan perbaikan dua eskalator Stasiun Bekasi berlangsung lama karena terkendala proses pengadaan dan produksi suku cadang.

Nah, menurut Kepala Balai Perkeretaapian Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Ferdinan Suryo, suku cadang eskalator Stasiun Bekasi tersebut perlu didatangkan dari luar negeri alias impor!

Pihanya pun janji nih kalau proses perbaikan eskalator Stasiun Bekasi diupayakan bisa cepat rampung pada pertengahan Februari 2024.

Apakah percepatan perbaikan fasilitas publik harus menunggu viral terlebih dahulu baru terjadi ya, Be-emers? Gimana menurut kamu?


Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.