Ladies Catat Nih, Enggak Semua Skin Care Boleh Dipakai Setiap Hari!

Ilustrasi wanita sedang menggunakan perawatan wajah. (Sumber Gambar: Canva)

Ilustrasi wanita sedang menggunakan perawatan wajah. (Sumber Gambar: Canva)

Like

Memiliki kulit wajah yang sehat dan mulus sudah pasti jadi impian setiap perempuan nih.

Penggunaan produk skincare pun kini semakin diminati dari berbagai kalangan usia sebagai penunjang mendapatkan kulit yang cantik dan berseri. 
 

Ketentuan Penggunaan Skincare

Namun, tidak semua skincare bisa dipakai setiap hari lho, ada aturan pakai yang harus diperhatikan agar tidak terjadi efek samping buat kulit kamu.

Dilansir dari female.com berikut ketentuan penggunaan skincare yang aman buat kulit kamu:
 

Ilustrasi skincare./Canva

Ilustrasi skincare/Canva

 

1. Mengandung Vitamin C

Skincare pertama yang aman digunakan setiap hari yakni skincare yang mengandung vitamin C. Serum vitamin C kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi efek buruk lingkungan, termasuk radiasi sinar UV. 

Namun pada pemakaian di pagi hari jangan lupa tambahkan dengan pemakaian sunscreen juga ya, karena formula vitamin C bisa menyebabkan kulit lebih sensitif dan cenderung berisiko mengalami iritasi jika terkena paparan sinar matahari langsung.


Baca Juga: Yuk Kenalan Sama Niasorcinol, Kandungan Skincare yang Canggih

 

2. Hyaluronic Acid

Lalu ada hyaluronic acid yang bisa digunakan 2 kali setiap hari. Hyaluronic acid merupakan formula skincare yang saat ini sedang ramai dibahas para beauty influencer karena kegunaannya yang mampu menghidrasi kulit. 

Hyaluronic acid boleh digunakan setiap hari dengan dosis idealnya yakni 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Untuk hasil yang maksimal gunakan skincare ini ketika kulit wajah dalam kondisi lembab karena formula hyaluronic acid tergolong humektan yang bisa menyerap air untuk menghidrasi wajah secara alami. 
 

Ilustrasi skincare. /Canva

Ilustrasi skincare /Canva

 

3. Retinol

Skincare yang ketiga yakni produk retinol yang sebaiknya digunakan hanya 1-2 kali seminggu. Retinol adalah produk turunan vitamin A untuk mengatasi keluhan warna kulit tidak merata, melawan tanda penuaan kulit, dan mengatasi kulit berjerawat. 

Untuk pemula, retinol bisa digunakan sekali seminggu. Lalu, ketika kulit sudah mulai terbiasa maka dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 2 kali dalam seminggu.

Penggunaan retinol bisa menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif. Maka dari itu, hindari penggunaannya dengan skincare yang mengandung AHA/BHA, Vitamin C, Niacinamide, Glycolid Acid dan Azelaic Acid ya. 
 

4. AHA/BHA

Skincare yang keempat adalah skincare yang mengandung formula AHA/BHA, idealnya dipakai hanya 1-2 kali dalam seminggu.

Kandungan AHA/BHA sering ditemukan pada produk chemical peeling yang memiliki kemampuan mengeksfoliasi kulit sehingga bisa meregenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. 

Ilustrasi penggunaan skincare./Canva

Ilustrasi penggunaan skincare/Canva
 

Tetapi penggunaan formula ini tidak boleh sembarangan karena memiliki efek pengelupasan kulit sehingga tidak bisa digunakan setiap hari yang bisa menimbulkan kemerahan dan iritasi.

Untuk pemula idealnya menggunakan skincare ini cukup seminggu sekali sambil diperhatikan jika tidak ada efek samping bagi kulit maka dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 2 kali dalam seminggu. 

Nah, itu tadi pembahasan tentang 4 formula skincare yang ternyata ada ketentuan dalam penggunaannya. Skincare akan sangat bermanfaat bagi kulit jika digunakan sesuai dengan aturan dan dosisnya.

Baca Juga: Produk Skincare Ini Sebenarnya Kurang Worth It untuk Dibeli, Lho!

Ingat yang berlebihan itu belum tentu memberikan hasil yang baik.

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.