Bubur dan 6 Hidangan Lainnya yang Pantang Disajikan Ketika Imlek, Kenapa?

Hidangan Perayaan Imlek (Sumber gambar: Canva)

Hidangan Perayaan Imlek (Sumber gambar: Canva)

Like

Menyambut tahun baru imlek, salah satu agenda penting bagi warga keturunan China adalah makan bersama keluarga dengan sajian makanan yang masing-masing memiliki makna pembawa keberuntungan.  

Hidangan yang disajikan juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan dihidangkan ketika Imlek karena dipercaya akan membawa kesialan.
 

Hidangan yang Dipercaya Pantang Disajikan saat Imlek

Mengutip dari berbagai sumber, ini dia 7 jenis makanan yang mitosnya pantang disajikan ketika Imlek. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kue Keranjang, Sambut Tahun Baru Imlek!
 

1. Tidak Boleh Makan Lobster dan Kepiting 

Alasannya lobster, kepiting dan hewan bercangkang lainnya ini bergerak mundur atau menyamping, sehingga dikhawatirkan ketika memakan hidangan ini pada tahun baru Imlek akan membawa kemunduran dalam hidup.
 

Sajian kepiting./Canva

Sajian kepiting./Canva


Maka dari itu warga keturunan China lebih suka menyajikan seafood lainnya seperti ikan yang selalu berenang maju agar hidup mereka di tahun baru diharapkan juga selalu bergerak maju.  


 

2. Makanan yang Berwarna Putih 

Pada tradisi China, warna putih melambangkan kedukaan, kesialan dan tidak beruntung. Maka dari itu hidangan seperti nasi, telur, tofu, hingga kembang kol biasanya pantang disajikan ketika Imlek. 
 

Nasi putih pantang disajikan ketika Imlek./Canva

Nasi putih pantang disajikan ketika Imlek./Canva


Warga keturunan China lebih memilih menghidangan makanan yang berwarna terang seperti hijau, kuning dan oranye karena warna-warna tersebut melambangkan kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan. 

 

3. Tidak Boleh Makan Sayap Ayam 

Sayap ayam menjadi hidangan pantangan ketika Imlek dikarenakan sayap ayam identik dengan terbang yang dikhawatirkan bisa "menerbangkan" keberuntungan jika memakannya. Kebanyakan warga China menghindari sajian unggas untuk sajian Imlek karena memiliki makna yang kurang baik. 
 

Sajian sayap ayam./Canva

Sajian sayap ayam./Canva

 

4. Makan Mie Tidak Boleh Putus 

Menikmati hidangan mie ketika tahun baru Imlek juga ada mitosnya lho. Mie yang melambangkan umur panjang tidak boleh diputus ketika disantap karena jika diputus atau digigit putus ketika dimakan mitosnya akan mengurangi  umur.  
 

Mie panjang umur, sajian khas Imlek./Canva

Ilustrasi mie panjang umur, sajian khas Imlek./Canva


Jangan lupa juga penggunaan sumpit saat makan mie juga harus diperhatikan dengan tidak menancapkan sumpit di atas makanan karena mitosnya akan membawa nasib buruk karena menyimbolkan dupa bagi orang yang sudah wafat. 
 

5. Hidangan Ikan Tidak Boleh Dipotong-Potong 

Ikan pada sajian Imlek memiliki makna makanan pembawa keberuntungan. Maka dari itu penyajiannya harus dalam bentuk utuh, tidak boleh terpotong karena jika ikan disajikan tidak utuh maka mitosnya bisa memberikan efek sial dan buruk di tahun baru Imlek. 
 

Sajian ikan./Canva

Sajian ikan./Canva

 

6. Hidangan Bercita Rasa Pahit 

Mitos makanan pembawa sial jika dihidangkan ketika Imlek yakni makanan yang memiliki rasa pahit seperti pare, daun dan bunga pepaya. Dianggap akan membawa sial karena makanan pahit bagi warna keturunan China adalah lambang dari penderitaan. 
 

Pare atau paria./Canva

Pare atau paria./Canva


Itulah alasannya mengapa ketika tahun baru Imlek lebih banyak yang menyajikan hidangan manisan dengan harapan kehidupan akan lebih manis di tahun yang baru. 

 

7. Jangan Makan Bubur ketika Tahun Baru Imlek 

Bubur merupakan hidangan khas warga keturunan China namun hidangan bubur menjadi pantangan disajikan ketika tahun baru Imlek.
 

Hidangan bubur./Canva

Hidangan bubur./Canva


Alasannya yakni bubur memiliki mitos bisa membawa kemiskinan dan menghentikan rejeki karena bubur dianggap hidangan yang menunjukkan kesengsaraan.

Baca Juga: 5 Resep Kue Mangkok yang Menggugah Selera untuk Merayakan Imlek

Nah itu tadi 7 hidangan yang mitosnya pantang disajikan warga keturunan China ketika tahun baru Imlek dengan beberapa alasannya.

Tenang saja, pantangan hidangan ini biasanya hanya berlaku ketika perayaan Imlek saja, jadi di hari-hari biasa semua makanan tetap memiliki manfaat yang baik untuk tubuh ya! 


___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!