Mengejar Mimpi Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)

https://pns.kamikamu.co.id/menjadi-asn-yang-profesional-2/

https://pns.kamikamu.co.id/menjadi-asn-yang-profesional-2/

Like

Era zaman terus berubah , salah satunya Impian untuk pekerjaan adalah bekerja sebagai ASN/PNS.     Di era sebelum Covid,  gambaran atau Impian para lulusan fresh graduate untuk bisa diterima sebagai ASN atau PNS begitu menggebu.

Beberapa pendapat dari para calon ASN era sebelum covid bahwa menjadi ASN atau PNS adalah suatu kebanggaan dan stabilisasi.  Kebanggaan karena karir PNS itu dianggap sebagai mapan , tidak akan dipecat dan punya fasilitas dan tunjangan yang mapan, tidak terguncang jika Perusahaan hancur atau tidak karena mereka kerja untuk negara.   Stabilitasnya adalah mereka tidak akan mudah dipecat karena selama negara masih ada dan tidak terjadi guncangan apa-apa, pasti karir mereka tak terguncang.

Menurut data yang terakhir memang kebutuhan ASN atau PNS dari tahun ke tahun stabil  tetapi jumlah pendaftar di tahun 2023, hingga pendaftaran terakhir menyebutkan 39?ri total pelamar formasi CPNS dan PPPK (Guru dan tenaga Kesehatan) belum menyelesaikan pendaftaran.  

Apakah portal pendaftaran yang bermasalah atau justru pelamar yang tidak menyelesaikan persyaratan di akhir waktu pendaftaran.
Yang jelas jumlah pendaftar menurun jumlahnya dari tahun lalu.  Tahun 20023, jumlah mencapai 4 juta orang sementara tahun sebelumnya 4,2 juta.  Sedangkan target dari Badan Kepegawaian Negarak (BKN) sekitar 5 juta pendaftar CASN terdiri dari PNS dan PPPK.

Namun, ada cerita individu yang justru minat untuk jadi ASN meningkat.  Dia sudah mencoba untuk empat kali mendaftar sebagai ASN.   Mengapa A yang lulusan dari perguran tinggi negeri ini “ngotot” untuk jadi ASN?   Dia menyatakan bahwa pengalaman dari kakaknya  yang jadi pengusaha atau bekerja sendiri itu makin sulit kondisinya ketika terjadi Covid 19.  Hampir tidak ada pemasukan sehingga membuat


Pahami syaratCPNS 2024 untuk sukses dalam pendaftaran

Apabila mimpimu dan ambisimu masih pengin bekerja sebagai CPNS 2024 , pelajari dulu syaratnya agar kamu sukses untuk mendapatkannya.

Latar Belakang Penerimaan CPNS
Panggilan penerimaan CPNS diadakan setiap tahun oleh negara.   Dibuka lebar dan diberikan kesempatan bagi ribuan fresh graduate dan Masyarakat umum untuk mengejar mimi untuk jadi aparatur pemerintah.    Mereka yang diterima akan mengisi kebutuhan organisasi pemerintah.

Pahami persyaratan umum

Dokumentasi dan administrasi jadi syarat utama atau kunci dari setiap pendaftar.   Perhatikan jadwal dari pendaftaran dan tahap-tahapnya.
Persyaratan umum itu antara lain:

1.Warga Negara Indonesia (WNI)
Tentu saja yang bisa mendaftar sebagai CNPNS adalah mereka yang berwarga negara Indonesia

2.Batas maksimal 35 tahun
Pemerintah memberikan batasan usia maksimal bagi calon CPNS . Untuk tahun 2024, usia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 January 2024.    Beberapa instansi mungkin punya aturan tersendiri terkait usia.

3.Sehat Jasmani dan Rohani
Kesehatan jasmani dan Rohani jadi modal utama sebagai PNS.   Calon peserta harus menunjukkan standar Kesehatan dengan cek up di Lembaga Kesehatan yang ditunjuk.

4. BErkelakuan baik dan tidak pernah diberhentikan dari pekerjaan sebelumnya
Catatan atau track record menjadi sorotan serius. Jangan sampai ada record pernah dipecat.

5.Pendidikan sesuai dengan persyaratan formasi
Setiap formasi CPNS memiliki persyaratan minimum yang harus dipenuhi oleh peserta.

6.Menyerahkan dokumen pendukung
Setelah syarat dipenuhi, peserta wajib menyerahkan dokumen baik itu copy ijazah,transkrip nilai, KTP, surat keterangan sehat, dan dokumen lain sesuai ketentuan.

Siap mental dan fisik untuk bertarung jadi PNS yang sudah jadi mimpi?