Sejarah Petualangan Berburu Rempah Nusantara dan Ragam Manfaatnya!

(jalurrempah.kemdikbud.go.id)

(jalurrempah.kemdikbud.go.id)

Like

“Petualangan berburu rempah” Petualangan ini bukan bertujuan untuk mencuri rempah rempah ya. Melainkan perjalanan untuk saling bertukar rempah dari berbagai daerah untuk mengumpulkan atau berbagi rempah ke daerah lain. 

Mengumpulkan atau membagikan rempah ini dapat membangun persahabatan antar daerah. Pada zaman dahulu, nenek moyang kita mencari rempah dan kemudian membentuk jalur rempah.

Baca Juga: 
Ini Sejarah Zodiak Cina! Menarik kah?

Dimana jalur rempah ini akhirnya menghubungkan nusantara dan dunia. Jalur rempah nusantara merupakan jalur atau rute nenek moyang Indonesia dalam menjalin hubungan antar pulau, suku, bangsa dengan membawa atau mengantar rempah rempah sebagai nilai untuk membangun persahabatan.

Jalur rempah melewati berbagai lintasan dari timur asia, benua amerika, Afrika, Australia, dan barat Eropa.  Jalur rempah melewati daerah DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Aceh, dan sebagainya di Indonesia. 


Sejarah Munculnya Istilah Nusantara sebagai Jalur Rempah!

Indonesia ini dikatakan sebagai jalur rempah karena menjadi penghubung antara asia timur, asia selatan, timur, tengah, hingga eropa.

Indonesia terapit oleh 2 benua yaitu benua Asia dan benua Australia, dimana ini menjadikan salah satu alasan Indonesia memiliki tempat yang strategis.  

Adanya dua benua ini menyebabkan wilayah Indonesia sering dikunjungi oleh turis turis dari negara lain, karena Indonesia menjadi “jalan penghubung” antar dua benua tersebut.

Baca Juga: Dari Sejarah Indonesia Kita Belajar Banyak Hal

Banyaknya turis ini tentu membantu Indonesia dalam perekonomian, terutama dalam nilai rempahnya. Selain dari letaknya yang strategis Indonesia juga kaya akan sumber daya alamnya. 

Indonesia memiliki bentuk negara yang kepualaun, di mana setiap pulau memiliki sumber daya alam yang berbeda beda. Selain itu, iklim Indonesia yang tropis sehingga membuat banyak tanaman rempah subur dan sehat.

Maka dari itu, Indonesia dikatakan sebagai jalur rempah, karena kaya akan rempah serta letaknya yang menjadi para pengunjung dari negara lain.  

Jalur Rempah sebagai Jalur Penghubung Dunia

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Indonesia diapit oleh 2 benua dan kaya akan sumber daya alamnya. Indonesia  menjadi “jalan penghubung” antar 2 benua dan menjadi sumber produksi rempah yang besar.

Di mana, rempah rempah dari Indonesia akan di distribusikan atau dibagikan ke seluruh penjuru dunia. Simpulan dari analisis ini adalah dapat kita ketahui jalur rempah ini memiliki peran yang penting bagi dunia.

Jalur rempah ini juga menguntungkan seluruh pihak di dunia, dimana hubungan baik akan timbul akibat jalur rempah ini. Di masa sekarang, jalur rempah ini memiliki peran menjadi penghubung logistik perdagangan dunia.

Rempah memiliki manfaat sebagai penambah rasa dalam makanan dan juga menjadi sumber herbal untuk kesehatan. Walaupun teknologi sudah canggih, namun kita sebagai umat manusia tetap tidak akan lepas dari sosialisasi dan hubungan antar manusia.  

Kisah jalur rempah ini menambah wawasan masa lampau dan bermanfaat bagi pelajar untuk memahami tentang sistem perdagagan pada masa lampau.  

Melalui kisah jalur rempah terdapat peran penting untuk menjaga hubungan antar daerah. Serta bagaimana memelihara perekonomian suatu negara. 

Oleh karena itu sebagai pelajar, ayo kita semangat mempelajari sejarah! 
 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!