Sehat Selama Ramadan: Mengelola Hidangan Sahur dan Berbuka Hingga Cermat Atur Pola Tidur

Beberapa benda khas saat memasuki bulan ramadan (Sumber : unsplash.com by Rauf Alvi)

Beberapa benda khas saat memasuki bulan ramadan (Sumber : unsplash.com by Rauf Alvi)

Like

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim setiap tahunnya. Hal ini, karena bulan ramadan identik sebagai bulan kemuliaan.

Ramadan memiliki banyak manfaat dan ganjaran pahala yang luas. Ketika seorang muslim melaksanakan amalan kebaikan dan ibadah saat menjalankan puasa maka akan mendapat ganjaran berlipat.

Sebagaimana Rasulullah bersabda : “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Sahur Seimbang hingga Menjaga Kebersihan: 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Di balik pahala ramadan, selama melaksanakan puasa selama hampir 14 jam sehari, tentunya dapat terjadi beberapa perubahan pada tubuh.


Misalnya, pola konsumsi makanan, cairan tubuh,  hingga produktivitas tubuh. .Perubahan Kesehatan juga dapat bergantung dari kondisi kesehatan terkini dari BE-EMERS nih.

Namun, tenang saja! Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan tubuh selama ramadan yang bisa kamu coba!

 

1. Peduli Terhadap Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Nah ini paling utama, terutama ketika sahur. Sahur merupakan waktu untuk mengisi energi sebelum berpuasa seharian penuh.

Teruntuk BE-EMERS konsumsilah makanan yang bergizi dan penuhi kebutuhan protein, serat dan karbohidrat. Misalnya: sereal gandum, buah buahan, sayuran dan makanan yang tinggi protein seperti ikan, ayam ataupun telur.

Begitupun ketika berbuka puasa, perhatikan makanan yang akan dikonsumsi dan hindari makanan yang tinggi lemak dan juga pedas.

Makanan  jenis tersebut perlu dihindari karena dapat meningkatkan produksi asam dan dapat berisiko membuat maag kambuh.

Selain itu, hindari juga makanan instan dan minuman berkarbonasi. Hal ini karena makanan instan rendah akan serat dan nutrisi.


Baca Juga: Fakta di Balik Kurang Tidur saat Puasa, Kok Bisa Tetap Fokus Ya?

 

2. Jangan Mager! Ayo Aktifitas Fisik Secara Teratur

Siapa yang merasa malas untuk melakukan aktifitas dan cenderung lebih banyak ingin beristirahat selama ramadan?

 Hal ini dapat dikatakan lumrah, karena selain waktu tidur yang terpotong banyak juga yang menghemat “energi” agar tidak lemas pada saat menjalani puasa.

Eits tetapi ini bukan berarti BE-EMERS menjadi hanya bermalas-malasan ketika melaksanakan puasa ya! Lakukanlah aktifitas fisik secara teratur dengan berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda atau senam.

Aktifitas fisik selama ramadan penting  meningkatkan metabolisme tubuh BE-EMERS lho.


Baca Juga: Body Goals di Bulan Ramadhan, Emang Bisa? Cek Tips Diet Plan!

 

3. Cermat Mengatur Pola Tidur

Walau waktu tidur terpotong karena sahur, penting untuk melakukan manajemen istirahat yang baik. Tidur yang cukup dapat menghindari risiko kekurangan energi dan konsentrasi saat menjalani aktifitas harian 

 

4. Menjaga Kebersihan Diri Secara Teratur

Last but not least, selalu ingat untuk menjaga kebersihan diri.Hal ini penting untuk dapat terhindari dari segala jenis penyakit.

Simpulannya, melalui tips #30hariramadhanbercerita, harapannya BE-EMERS dapat melaksanakan ibadah ini secara optimal.  

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.