Cara Jitu Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa, Kuncinya Perbaiki Pola Makan!

pexels-michael-burrows

pexels-michael-burrows

Like

Sering enggak sih, mendengar slogan “What you eat is what you are".  Artinya apa yang kamu makan, itulah yang membentuk tubuhmu. Jadi kita enggak boleh  makan sembarangan.

Misalnya, makan sekenyang-kenyangnya. Meskipun enak dilidah sayangnya perilaku ini justru membuat tubuh menimbun berbagai banyak racun.

Akibatnya, timbul berbagai macam penyakit. Misalnya, sakit kepala, ruam kulit, lesu, lelah dan sariawan. Racun-racun tersebut jika senantiasa dibiarkan akan menyebakan terjadinya toksemia dan keracunan dalam darah.

Baca Juga: Mempersiapkan Ibadah Puasa dengan Tubuh yang Sehat, Simak Tips Lengkapnya!

Salah satu membuang racun dalam tubuh adalah dengan detoksifikasi. Detosifikasi adalah cara tubuh untuk membuang zat-zat beracun.


Berpuasa bukan hanya baik untuk pencernaan dan mengatur berat badan. Namun, juga dapat menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok.

Puasa juga dapat mengeluarkan dan membantu zat beracun dalam tubuh. Cara detoksifikasi tubuh itu sama seperti puasa. Jika perut  berada dalam keadaan kosong selama waktu kurang lebih 12 jam.

Nah, waktu inilah di mana tubuh berhenti mencerna makan. Maka organ pencernaan, hati, pankreas, lambung ,usus besar dan usus halus pun berhenti bekerja. Pada proses inilah, tubuh mulai mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.   


Events Ramadan: Kirim Cerita Ramadhan Tambah Cuan, Yuk Ikutan 30 Hari Ramadhan Bercerita!



Sekilas Tentang Puasa Ramadan

Tidak terasa kita sudah memasuki hari pertama bulan Ramadhan 2024. Sesuai dengan kalender Hijriah dan hasil sidang isbat, bahwa awal puasa 2024 jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024.

Sedangkan Muhammadiyah menetapkan awal Ramadhan 1446 H  pada tanggal 11 Maret 2024. Perbedaan awal puasa ini tidak menjadi masalah serius.  

Ibadah puasa ini merupakan kewajiban yang membangkitkan semangat kemanusiaan. Menyehatkan Kesehatan fisik dan psikis. 

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan standar Kesehatan dunia meliputi empat hal, sehat fisik, psikis, sosial dan spiritual. 

Baca Juga: Makna Pin Merah Selebriti Hollywood di Piala Oscar 2024 untuk Palestina

Nah,  ibadah puasa termasuk salah satu unsur di atas. Cara Berpuasa yang Baik untuk Kesehatan Menyambut bulan suci ramadhan, biasanya orang-orang akan sibuk untuk persiapan sahur di hari pertama.. Ibu-ibu yang menyiapkan makan sahur hari pertama, pasti harus berbelanja ke pasar. 

Saya pun baru datang dari luar kota, berbelanja ke pasar pada hari Senin 11 Maret 2024. Begitu masuk ke pasar, kaget juga karena di luar pasar kondisi lalu lintas penuh sesak . Setelah masuk ke dalam pasar,  ternyata pembeli membludak untuk berbelanja .

Tentu ibu-ibu, itu belanja untuk mempersiapkan makanan sahur dan makanan buka puasa yang sehat.   

Jangan sampai pada saat puasa kondisi tubuh menjadi lemah dan tidak berdaya. Untuk itu perlu diketahui tips dan trik apa yang sehat dan apa yang tidak sehat

Berikut ini adalah agar puasa tetap sehat:

Events Ramadan: #NgobrolAsyik: Prospek Saham IPO dan Sektor yang Cuan di Tahun 2024!

 

1. Pola Makan Sahur yang Sehat

Jangan pernah berpikir untuk melewatkan sahur karena malas bangun. Sahur penting untuk menjaga stamina selama beraktivitas di siang hari.  

Makanan yang baik untuk sahur adalah makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur.   Hindarilah makanan yang tinggi minyak, karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan ngantung pada siang hari.  

 

2. Pola Makan Saat Berbuka

Jangan pernah berpikir untuk buka puasa dengan makanan yang manis, minuman yang panas.  Mulailah dengan makanan secukup secara bertahap dimulai konsumsi minum air dan sedikit makanan manis.

Konsumsi air dalam jumlah yang cukup. Makanan untuk berbuka adalah makanan yang bernutrisi dan porsi yang tepat , tidak berlebihan.

 

3. Pola Makan Malam

Setelah buka puasa, kita tidak harus makan malam terlalu berat dan besar, bahkan samai booking restaurant. Makanan yag terlalu gurih bukan berarti sehat. 

Makan terlalu banyak akan menimbulkan obesitas. Hindari juga minuman kopi dan soda karena akan menimbulkan sulit tidur dan banyak lemak.

Baca Juga: Pengen Tetap Fit Selama Puasa, Ini Makanan yang Perlu dihindari Saat Sahur!



4. Aktivitas Fisik

Meskipun dalam kondisi puasa, tetap jalankan aktivitas fisik seperti senam,  jalan pagi untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. 

 

5. Menjaga Pola Tidur

Jagalah jam tidur selama puasa. Jangan tidur terlalu malam. Tidur tepat waktu upaya Anda dapat bangun secepatnya untuk sahur.  Jika tidak hal-hal penting sebaiknya segera istirahat.

#30hariramadhanbercerita 

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!