Sahur Seimbang hingga Menjaga Kebersihan: 5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Dokpri

Dokpri

Like

Tidak terasa, mulai hari ini umat Muslim kembali memasuki bulan Ramadan. Artinya umat Muslim akan mulai menjalankan ibadah puasa.

Selama menjalankan ibadah puasa, tentunya diharapkan tubuh tetap prima, agar dapat menjalankan ibadah tersebut dengan baik dan lancar.

Karena itu, selama menjalani ibadah puasa tersebut, sangat penting untuk memperhatikan  hal-hal khusus untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: 4 Tips Tetap Sehat selama Puasa: Nomor 2 Hindari Minuman Berkafein

Melalui tulisan singkat ini, saya akan mencoba memberikan beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.


Pertama, jangan lupa untuk melakukan sahur yang seimbang.

Maksudnya apa ya? Setiap orang yang sedang menjalani ibadah puasa harus mengonsumsi makanan yang seimbang baik itu makanan mengandung karbohidrat, protein, serat dan vitamin dari sayuran dan buah.

Selain itu, harus meminum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Jangan lupa, hindari untuk meminum minuman yang berkafein dan berkarbonasi yang dapat mempercepat proses dehidrasi.

Kedua, hindari untuk memakan makanan yang berlebihan. Baik itu saat sahur maupun saat berbuka. Porsi yang seimbang itu tentunya jauh lebih baik untuk pencernaan.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Ketiga, berolahraga ringan itu selama puasa tetap harus dilakukan. Tetapi olahraga yang diperlukan adalah olahraga ringan seperti berjalan kaki atau senam yang ringan saja. Artinya tidak perlu melakukan olahraga yang berat yang dapat membuat tubuh kehilangan energi yang besar yang membuat tubuh lekas lapar dan haus.

Keempat, beristirahat dengan cukup. Tips yang keempat ini tentu perlu diperhatikan dengan serius, agar tubuh tetap prima, jangan lupa untuk memanfaatkan istirahat yang cukup. Jangan begadang sampai larut malam. Berharap dengan istirahat yang cukup, besok hari kembali dapat menjalani ibadah puasa dengan baik.

Kelima, jaga kebersihan. Orang bijak berkata, bersih itu pangkal sehat. Dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar, tentunya akan membuat tubuh kita lebih segar dan kebal terhadap berbagai penyakit.
Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan.

Setiap orang tentunya memiliki cara masing-masing serta kebutuhan kesehatan yang berbeda. Yuk mari bagikan melalui portal yang kita cintai ini!

Akhirnya, selamat berpuasa saudaraku!

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!