Mempersiapkan Ibadah Puasa dengan Tubuh yang Sehat, Simak Tips Lengkapnya!

Tips menjaga tubuh sehat saat Ramadhan (Sumber gambar :pexels.com/Jack Sparrow)

Tips menjaga tubuh sehat saat Ramadhan (Sumber gambar :pexels.com/Jack Sparrow)

Like

Saat berpuasa tubuh menjadi mudah lemas karena kurangnya asupan makanan.  Sehingga menjaga kesehatan di bulan Ramadhan sangatlah penting.

Diharapkan dengan tubuh yang sehat maka ibadah yang dilakukan dapat berjalan lancar. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan.

 

1. Konsumsi air putih secukupnya

Sangat penting untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan saat puasa. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit.

Cara untuk mencukupi cairan tubuh adalah dengan minum air putih secukupnya saat sahur dan buka puasa. Dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.


Baca Juga: 7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa



 

 2. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah akan membantu menjaga stamina kita selama berpuasa. Hal tersebut disebabkan sayur dan buah mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita, sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi keduanya saat puasa.


 

3. Rajin melakukan olahraga ringan

Puasa bukan berarti membuat kita bermalas-malasan melakukan sesuatu, terutama olahraga. Selama berpuasa kita bisa melakukan olahraga yang cukup ringan.

Tidak membuat tubuh lelah seperti yoga, jalan santai atau pilates. Olahraga selama berpuasa dapat dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa.


Baca Juga: Mencapai Keseimbangan Fisik dan Spiritual: Tips Supaya Tetap Sehat Selama Puasa

 

4. Selalu makan sahur

Sahur mempunyai peran penting dalam memenuhi energi, nutrisi dan menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa.

Walaupun puasa tanpa sahur tetap sah, akan tetapi dapat meningkatkan beberapa resiko kesehatan seperti menurunkan kadar gula di dalam tubuh dan membuat lambung kosong dalam waktu yang cukup lama.


Events Ramadan: #SharingwithBlogger: Strategi Menjaga Semangat Menulis Jangka Panjang dan Cara Mengatasi Writer's Block

 

5. Istirahat yang cukup

Walaupun bulan ramadhan merupakan bulan untuk berlomba dalam memperbanyak ibadah, tetapi kita juga wajib menjaga tubuh kita untuk tidak terlalu lelah.

Hal tersebut  membuat manajemen waktu sangatlah penting, dengan harapan dapat membagi waktu untuk beribadah dan untuk beristirahat.

Pada hakikatnya puasa akan membuat tubuh kita semakin sehat. Sehingga bulan Ramadhan seharusnya membuat jasmani dan rohani kita semakin sehat.

Tips diatas dapat dilakukan untuk membantu jasmani kita menjadi sehat dan rajin beribadah akan membantu rohani kita sehat.

#30hariramadhanbercerita

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.