7 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa

Tips Menjaga Tubuh Selama Bulan Puasa (sumber : freepik)

Tips Menjaga Tubuh Selama Bulan Puasa (sumber : freepik)

Like

Enggak kerasa  kita sudah memasuki bulan ramadan. Memasuki bulan ramadan, kita harus jaga badan supaya tetap fit selama berpuasa.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya badan tetap fit selama ramadan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba!

 

1. Sahur Sehat

Jangan meremehkan sahur! Makan makanan yang kaya serat, protein, dan karbohidrat kompleks bisa bikin energi kamu tahan lebih lama selama bulan ramadan. Minum air putih yang cukup juga ya, biar enggak dehidrasi.

 

2. Serbu Air Putih

Biar badan tetap oke, minum air putih secukupnya saat berbuka dan sahur. Hindari minum minuman manis dan bersoda deh. Pasalnya, air soda bisa bikin kamu merasa cepat haus dan meningkatkan produksi asam lambung. Air putih itu kuncinya!
 


3. Menu Berbuka dengan Gizi Seimbang

Enggak harus mahal, yang penting bergizi! Pilih menu makanan berbuka yang bergizi. Misalnya dengan sayur-sayuran, buah, dan protein tinggi. Eggak cuma buat baik untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat menjaga erat badan. Cocok untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah sekaligus berdiet. 

Baca Juga: Pentingnya Pemberian Air Putih pada Anak: Efeknya dan Kebutuhan Cairan yang Sesuai


4. Gerak Badan

Meskipun berpuasa, kamu harus tetap aktif bergerak! Kamu bisa berolahraga rungan selama puasa.  Misalnya, cukup dengan jalan-jalan sore atau main bola bisa jadi pilihan, biar badan tetap fit dan bugar! Berpuasa bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. 

 


5. Tidur Nyenyak

Kurang tidur bisa bikin badan drop. Memaksimalkan ibadah sahur dan tarawih emang seru! Meskipun begitu tetap usahakan tidur yang cukup biar semangat puasanya. Istirahat yang cukup akan membantu produktivitas tetap berjalan lancar.
 


6. Porsi Cukup

Jangan sampai kalap ketika berbuka. Jaga porsi makan biar nggak kebablasan dan bikin lambung menderita. Berbuka yang baik bukan dilakukan untuk balas dendam selama seharian berpuasa. 
 


7. Say No to Junk Food

Junk Food itu musuh kesehatan, guys. Cobain hindarin selama puasa, ganti dengan camilan sehat macam buah atau kacang-kacangan. Hindari berbuka dengan gorengan dan fast food lainnya. 

Semoga tips ini bisa bikin Ramadan kamu makin seru dan sehat! Selamat menjalankan ibadah bulan suci ramdhan.

#30hariramadhanbercerita

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!