Bisakah Memanfaatkan Kreasi dari Biji Nangka ?

Nangka (Sumber : Pixabay)

Nangka (Sumber : Pixabay)

Like

Mungkin di sini sudah tidak asing lagi dengan istilah biji nangka, atau ada yang menyebutnya biji beton. Ternyata, tanpa disadari, biji nangka dapat kita gunakan untuk kreasi cemilan atau makanan.

Setelah saya rangkum dari web internasional StyleCrazy dan Healthline, bahwa biji nangka memiliki banyak manfaat, yaitu mengandung protein dan mikronutrient yang membantu kesehatan kulit. Tak hanya itu, biji nangka sangat baik untuk para penderita anemia karena kandungan zat besi.

Biji nangka pun mengandung vitamin A yang mampu meningkatkan kesehatan rambut yang rontok. Zat besi yang ada pada biji nangka membantu mengalirkan darah kepada kulit kepala, agar ikut mengurangi rambut rontok.

Menurut pengobatan tradisional zaman dulu, biji nangka pun mampu mengurangi diare karena permukaan bijinya dilindungi oleh partikel-partikel yang mampu menjadi antimikroba. Untuk penelitian, ada yang menyatakan bahwa biji nangka juga bisa digunakan sebagai antikanker karena mengandung flavonoid, seponin, fenolik.

Senyawa ini pun, dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperbaiki kerusakan DNA. Biji nangka pun mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), karena kandungan serat dan antioksidan pada biji nangka.


Setelah mengetahui garis besar tentang biji nangka, sekarang rasa ragu untuk mencobanya sudah berkurang kan?

Bahkan, kalau kita dapat memanfaatkan peluang, biji nangka ini bisa memberikan cuan juga. Untuk mencari biji nangka sebenarnya mudah, kita tinggal memesan sebelumnya kepada pedagang es buah atau es campur juga bisa kok. Atau, membeli secara online juga bisa.

Berikut kreasi olahan biji nangka yang mungkin dapat dicoba, versi saya dan beberapa sumber lainnya:
 

Sayur Asem

Mengolah sayur asem dengan menggantikan biji melinjo dengan biji nangka pun bisa. Apalagi setelah kita mengetahui biji nangka mengandung kolesterol yang sedikit.
 

Keripik atau Emping

Hal ini pun sama, bahan pangan ini bisa menggantikan biji melinjo dengan biji nangka. Sambil ngemil tanpa rasa takut kolesterolnya naik.
 

Rebusan Biji Nangka

Sederhananya, cemilan ini dapat diolah dengan hanya direbus saja. Untuk cara pengolahan ini, pernah saya lakukan dan rasanya cukup enak juga kok.
 

Biji Nangka Panggang

Tak hanya direbus, biji nangka pun dapat diolah dengan cara dipanggang sehingga mengurangi penggunaan minyak.
 

Bahan Kue

Biji nangka juga dapat ditambahkan ke dalam adonan kue seperti muffin atau bolu pun bisa. Mungkin untuk referensi resep lainnya bisa dicari lebih lanjut sendiri, karena sangat banyak sekali pasti sumbernya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan sekilas tentang biji nangka, semoga para pembaca mendapatkan hikmah dan keberkahan dari apa yang telah saya tulis.

Terimakasih