Boros Selama Ramadhan? Rugi Dong! Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Mengatur keuangan menjadi hal yang penting, agar kebutuhan kita terpenuhi. Lantas, 
bagaimana sih caranya mengatur keuangan di bulan ramadhan yang katanya merupakan bulan yang tepat untuk menjaga keuangan? Apa iya? 

Sebagian orang mungkin ada yang demikian. Tapi ada juga loh yang merasakan bahwa pengeluaran di bulan ramadhan justru semakin membengkak. Hah? Kok bisa?

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan Selama Ramadan: Prioritaskan Pengeluaran Hingga Bagi Sumbangan dengan Bijak

Alasannya karena tidak bisa menahan nafsu! Lapar mata yang membuat kita kebanyakan membeli makanan secara berlebihan dan berujung mubazir.

Berikut 5 cara yang dapat kita lakukan untuk mengatur keuangan selama di bulan ramadhan:


 

1. Buat Daftar Anggaran Pengeluaran

Hal ini penting sekali Sobat Be-Mers jika kita ingin me-manage uang. Membuat daftar anggaran pengeluaran, dapat meminimalkan kita untuk tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak berguna.

Tentukan anggaran pengeluaran mulai dari membeli menu buka dan sahur, bayar listrik, cicilan dan kebutuhan pokok lainnya.

Jangan lupa selipkan dana darurat sebagai tabungan singkat ketika kita membutuhkan hal yang mendesak. Lebih baik lagi jika kita sisihkan untuk bersedekah, karena bulan ramadhan adalah bulan yang bagus dan penuh berkah untuk bersedekah.

 

2. Mengutamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Berpuasa dapat melatih kita untuk menahan diri dari hawa nafsu. Tidak hanya nafsu haus dan lapar, melainkan juga nafsu yang lainnya.

Salah satunya adalah menahan keinginan. Terutama keinginan kita untuk berbelanja kebutuhan yang tidak begitu penting.

Memang tidak mudah, apalagi ketika banyak penawaran diskon besar-besaran baik di offline store maupun online store.

Memanfaatkan diskon itu boleh-boleh saja, tapi pastikan untuk membeli kebutuhan ramadhan. Jangan sampai kita tergiur dengan diskon besar hanya untuk membeli keinginan semata yang mengakibatkan dompet kita semakin terkuras.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Bahan Wajib Takjil yang Mesti Kamu Stock Biar Hemat Budget Takjil

 

3. Buat daftar menu buka dan sahur

Agar tidak bingung dalam membuat perencanaan keuangan, tentukan menu buka dan sahur yang kita butuhkan.

Pastikan untuk membeli menu makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Jangan sampai karena nafsu yang besar tadi, jadi membeli makanan dan minuman yang tidak sehat dan banyak mengandung bahan pengawet.

Selain membuat dompet kita boros, juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Ingat, masa depan yang cerah adalah memiliki tubuh yang sehat.

 

4. Catat Pengeluaran Harian

Ini tak kalah penting, setelah kita membuat daftar anggaran pengeluaran. Mencatat setiap pengeluaran, baik pengeluaran dengan nominal kecil maupun besar, membuat kita tahu berapa banyak uang yang kita habiskan, dan untuk keperluan apa saja yang lebih cenderung kita beli.

Jika dirasa sudah berlebihan, sobat Be-Mers mulai mengontrol kembali pengeluaran sesuai dengan rencana di awal. Langkah ini agar kita dapat menghemat pengeluaran dan memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Events Ramadan: Kirim Cerita Ramadhan Tambah Cuan, Yuk Ikutan 30 Hari Ramadhan Bercerita!
 



5. Konsisten dengan Rencana Awal

Jangan karena keinginan semata, rencana yang sudah dibuat di awal jadi sia-sia. Teruslah konsisten dan komitmen dengan rencana awal agar pengeluaran yang kamu harapkan tidak membengkak.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat Be-Mers terapkan untuk menghemat budget. Pastikan untuk selalu mengatur keuangan mu selama di bulan ramadhan ini dengan baik ya, Sobat Be-Mers!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.