Gara-Gara Bitcoin, El Salvador Menjadi Negara Kaya!

Bitcoin (Sumber gambar: Freepik)

Bitcoin (Sumber gambar: Freepik)

Like

El Salvador, salah satu negara Amerika Latin, menjadi kaya setelah melegalkan Bitcoin. Kripto kini jadi salah satu aset berharga di dunia.

Harga koin Bitcoin baru-baru ini mencapai rekor tertinggi sekitar US$72.968, atau setara dengan Rp1,13 miliar/koin.

Dilansir dari laman bloombertechnoz.com, El Salvador juga menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan Bitcoin pada bulan Juni tiga tahun lalu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Antara Staking dan Earn di Cryptocurrency

Penawaran Presiden Nayib Bukele saat itu untuk membuat undang-undang yang menerima Bitcoin diterima dengan suara mayoritas di DPR El Salvador.


Selain itu, Bukele berpendapat bahwa El Salvador akan menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin karena dapat mendorong investasi dari negara lain. 

Selain itu, Bitcoin juga diprediksi mampu meningkatkan inklusi keuangan dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Ide Bukele dalam hal ini adalah untuk membuat orang El Salvador yang tinggal di luar negeri dapat dengan mudah mengirimkan uang ke keluarga mereka di rumah. 

Baca Juga: Peluang Cuan Baru, Ini 8 Pilihan Investasi Obligasi Pemerintah di Tahun 2024

Periode pengesahan yang diperlukan untuk Bitcoin di El Salvador tidak menghilangkan penggunaan mata uang fiat lainnya, seperti dolar AS, yang masih digunakan secara legal sebagai medium transaksi. 

Dilaporkan juga bahwa negara tersebut telah menukar dana senilai sekitar US$21 juta untuk Bitcoin.

Presiden Nayib Bukele sendiri sudah mengumumkan secara langsung nilai pembelian tersebut kedalam beberapa postingan di media sosial X dan berjanji akan membeli lebih banyak Bitcoin setelahnya.

Menurut laporan Bloomberg News pada awal Desember tahun lalu, negara El Salvador telah mencatat peningkatan investasi sekitar 2,84.

Bitcoin ditahun 2024, hal itu disampaikan langsung oleh Bukele, yang mengundurkan diri sebagai presiden pada saat itu untuk pencalonan diri kembali dalam pemilu Februari kemarin.



Menjadi Contoh yang Baik bagi Negara Lain

Bagaimana pun juga El Salvador telah memberikan contoh yang baik bagi negara lain yang berencana untuk menggunakan aset digital.

Terlepas dari apa yang Presiden Bukele akan lakukan dengan Bitcoin milik pemerintah tersebut.

Baca Juga: Tren Investasi Pasif, Peluang untuk Generasi Muda

Selain itu, melansir dari laman liputan6.com, Mamasidikov mengungkapkan mengenai pendapat pribadinya, bahwa "Dengan mengadopsi bitcoin di El Salvador, negara ini akan menjadi selangkah lebih maju lagi menuju kebebasan finansial, sementara para pendukung Bitcoin secara global sekarang dapat dengan baik dan benar-benar menunjukkan El Salvador sebagai kisah sukses."

Walaupun upaya yang sudah dilakukan oleh Presiden Bukele cukup mengesankan, akan tetapi masih banyak warga negara El Slavador yang masih kurang paham terkait konsep Bitcoin.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung