Merencakan Keuangan Sehat Selama Ramadhan, Kunci Sukses Ibadah Ramadan!

Menjaga kesehatan keuangan kita selama bulan Ramadhan

Menjaga kesehatan keuangan kita selama bulan Ramadhan

Like

Ramadhan jadi salah satu momen yang secara tidak langsung menguras isi kantong kita. Biasanya dikarenakan harga komoditas yang merangkak naik maupun akibat dari lapar mata.

Lapar mata karena puasa menyebabkan banyak orang impulsive membeli makanan yang pada akhirnya tidak dimakan.

Events Ramadan: Kirim Cerita Ramadhan Tambah Cuan, Yuk Ikutan 30 Hari Ramadhan Bercerita!

Banyak orang yang akhirnya boncos dalam pengeluaran, karena memenuhi keinginan untuk membeli takjil berbuka puasa.

Selain makanan ,orang-orang cenderung akan impulsive dalam berbelanja barang-barang untuk lebaran. Misalnya, baju, tas dan sepatu. Hal-hal tersebut membuat keuangan kita setelah lebaran menjadi tidak aman. Berikut tips agar keuangan kita tetap terjaga di bulan Ramadhan.
 

1. Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Puasa adalah kegiatan menahan hawa nafsu, sehingga bulan Ramadhan merupakan bulan yang sesuai bagi kita untuk belajar menahan hawa nafsu berbelanja.


Belanja sesuai keinginan hanya akan membuat dompet kita bocor yang pada akhirnya akan membuat kita menyesal dikemudian hari.

Pastikan bahwa apa yang kita beli merupakan kebutuhan yang dibutuhkan saat Ramadhan dan lebaran.

Baca Juga: Manfaat Audit Website Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu!
 


2. Menyusun daftar belanja

Saat kita akan berbelanja akan lebih baik jika membuat sebuah daftar belanja yang berisikan hal-hal yang kita butuhkan.

Usahakan membuat daftar belanja untuk sahur dan buka puasa. Berusahalah untuk patuh pada daftar tersebut. Patuh pada daftar tersebut akan membantu kita dapat menghemat dan menyelamatkan uang yang kita miliki.

 

3. Membayar Secara Cash/Tunai

Menurut peneliti melakukan pembayaran secara cash atau tunai akan membantu kita lebih berhati-hati dalam menggunakan uang.

Melihat langsung bahwa uang kita pergi dan berkurang akan membantu kita dalam menghemat pengeluaran. Selain itu kita akan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.



4. Biasakan mengendalikan diri

Pengendalian diri merupakan hal yang penting dalam menjaga keuangan kita. Mengendalikan diri akan membantu kita menghindarkan diri kita dari impulsive buying dan lapar mata.

Kendalikan diri untuk berbelanja dan hangout berlebihan. Usahakan untuk dapat berkata “tidak” ketika akan ada ajakan membeli sesuatu yang tidak kita butuhkan.

Baca Juga: Mempersiapkan Ibadah Puasa dengan Tubuh yang Sehat, Simak Tips Lengkapnya!



5. Kelola utang dengan baik

Alangkah baiknya di bulan Ramadhan ini kita dapat menahan diri dari berhutang. Usahakan kelola sebaik-baiknya utang yang ada saat ini sehingga jumlahnya tidak bertambah di bulan Ramadhan. Menambah utang hanya akan menambah beban.

Tips di atas merupakan beberapa langkah agar dompet kita terjaga  di bulan ramadhan. Keuangan yang terjaga tetap sehat akan membantu kita untuk dapat beribadah dengan lebih tenang dan lancar.  


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.