Dahsyatnya Hikmah Iktikaf! Tips Sukses Melaksanakan Iktikaf Selama Ramadhan

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/photos/makka-masjid-dekorasi-1006442/

Sumber Gambar: https://pixabay.com/id/photos/makka-masjid-dekorasi-1006442/


Meskipun baru hari kelima bulan suci Ramadhan, mungkin di antara kita ada yang sempat berpikir tentang akhir Ramadhan ini. Bagi yang ASN, tentu mengharapkan THR seperti yang dijanjikan oleh pemerintah. 

Bagi anak-anak, mengharapkan THR juga dari orang tuanya. Sedangkan, ada pula yang berpikir Ramadhan ini mau mudik di mana? Kampung suami atau istri?

Boleh-boleh saja berpikir hal-hal yang seperti itu, namun bagi orang yang lebih mendahulukan ibadah, yang dipikirkan adalah bisa iktikaf lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Events Ramadan: Kirim Cerita Ramadhan Tambah Cuan, Yuk Ikutan 30 Hari Ramadhan Bercerita!

Secara umum, iktikaf adalah berdiam diri di masjid dalam rangka menjauhkan urusan-urusan dunia dan fokus kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Menurut tuntutan Nabi Shallalalhu Alaihi Wasallam, iktikaf itu dilakukan mulai malam ke-21 sampai malam ke-29 atau 30, tergantung jumlah hari berpuasa. 


Dalam iktikaf ini, banyak ibadah bisa dilakukan. Membaca Al-Qur'an, sholat sunnah, berdzikir, membaca buku-buku agama, menonton video ceramah ustaz, dan ibadah lainnya, yang penting ada contohnya dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabat. 

Baca Juga: Ramadhan Membawa Berkah: Hikmah dalam Aspek Sosial, Ekonomi, dan Budaya