Dibalik Hikmah Membayar Zakat

Like

Begitu juga dengan istrinya inem ia juga aktif dan terlibat langsung di dalam setiap kegiatan-kegiatan pengajian di desanya...

Bukan cuman kedua orang tuanya, bahkan anak-anaknya muhammad atau mamad kakaknya pandai mengaji dan selalu menjadi juara 1 dikelasnya.

Begitu juga dengan munaroh yang ikut seperti kakaknya juga menjadi juara 1 di kelasnya yang pandai mengaji. 

Baca Juga: Zakat Sebagai Penyempurna Bulan Ramadhan, Ini Manfaatnya dalam Bidang Ekonomi

Disetiap bulan ramadan keluarga ini selalu menjalankan ibadah puasanya dengan penuh keikhlasan dan ketaatan sehingga keluarga ini tidak pernah absen.


Mulai dari berbuka puasa bersama, sahur bersama, dan sholat tarawih bersama sehingga keluarga Pak Budi selalu menunaikan ibadah puasa dengan baik dan khatam.

Walaupun keluarga ini taat menjalankan ibadahnya bukan berarti cobaan demi cobaan tidak pernah datang kepada keluarga pak budi dan Ibu Inem.

Terkadang jikalau dagangan mereka laku semua keluarga pak budi bisa makan, tetapi ketika dagangan dan jualan mereka tidak ada yang membeli atau sedikit yang membelinya, keluarga pak budi dan ibu inem mau tidak mau menghemat porsi makan mereka, dan terkadang hanya anak-anaknya saja yang dapat makan. 

Maka dari itu ketika anak-anak pak budi libur sekolah Muhammad atau mamad dan munaroh ikut membantu menemani ibunya berjualan kue di pasar.

Tetapi, biar keluarga ini hidup didalam kesederhanaan dan serba kekurangan, disaat bulan suci ramadan datang setiap tahunnya keluarga pak budi tidak pernah absen didalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya untuk membayar zakat.

Pak Budi beserta istrinya suka menyisihkan sebagian hasil dagangan dan jualan mereka untuk membayar zakat.

Baca Juga: Zakat Fitrah: Tanggung Jawab Sosial dan Pentingnya Menurut Islam

Baik dalam berupa uang maupun beras karena bagi keluarga ini dengan selalu membayar zakat di bulan suci ramadan.

Ada hikmah dibalik mereka membayar zakat selain dapat menyucikan jiwa, dapat memperoleh keberkahan dan sebagai bentuk rasa syukur mereka kepada Allah SWT. 

Sampai pada akhirnya ketika berjalannya waktu derajat keluarga pak budi diangkat statusnya dan keluarga ini dapat menjalankan umroh yang sudah sangat lama di idam-idamkan oleh mereka dan tanpa sepeserpun keluarga ini mengeluarkan uangnya.

#30hariramadhanbercerita

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.