Pentingnya Menjaga dan Merawat Toleransi Saat Ramadhan, Demi Kedamaian dan Persatuan

https://i.pinimg.com/originals/51/dd/56/51dd5654147bbb3b1a99b435f5bc227e.png

https://i.pinimg.com/originals/51/dd/56/51dd5654147bbb3b1a99b435f5bc227e.png

Like

Negara Indonesia punya penduduk yang cukup besar, 273 juta di tahun 2021. Dengan berbagai latar belakang budaya, agama, maupun suku.

Jika masing-masing individu tidak memiliki toleransi, maka akan terjadi peperangan dan tidak ada perdamaian di bumi Indonesia ini.

Mahalnya nilai toleransi yang harus diaplikasikan baik sebagai individu maupun bangsa.   Oleh karena itu kita harus mengenal dulu apa yang dimaksud dengan toleransi.

Baca Juga: 3 Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi Antarumat Beragama, Yuk Terapkan!

Toleransi adalah konsep modern untuk menggambarkan saling menghargai dan kerja sama  antara kelompok masyarakat dengan beragam perbedaan.


Sikap yang sangat penting sekali karena merupakan tindakan yang saling menghormati keragaman latar belakang, pandangan dan kepercayaan.

Dari segi etimologi, toleransi berasal dari bahasa latin yaitu tolerate yang artinya sabar dan menahan diri.

Sedangkan dari segi terminologi, toleransi adalah sikap saling menghargai, saling menghormati, menyampaikan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada orang lain yang bertentangan dengan diri sendiri.

Baca Juga: Toleransi Jam Kerja Saat Ramadhan, Hal yang Disukai Karyawan



Contoh Sikap Toleransi 


Menghargai dan menghormati teman

Kita bertentangga atau berteman di kantor dengan orang yang tidak sama agamanya, budayanya.   Namun, perbedaan itu tidak membuat kita harus saling mencari kesalahan atau mempertajam perbedaan. 

Saat kita sedang berpuasa, kita juga menghargai yang tidak berpuasa. Sebaliknya, bagi yang tidak berpuasa pun tetap menjaga dan menghormati mereka yang sedang berpuasa.

 

Membantu teman yang berbeda keyakinan atau suku

Apabila kita diberikan berkah dengan ekonomi yang cukup, lalu tetangga kita sedang tidak baik-baiksaja, kita dapat membantu memberikan pertolongan dengan  memberi sembako dan kebutuhan pangan .
 

Menghindari bullying

Tiap agama, tiap suku punya prinsip hidup yang berbeda.  Hal ini bisa merusak relasi satu dengan lainnya jika kita membully teman karena merasa agama kita yang paling benar.  

Kebenaran bukan karena agama kita yang paling benar, tetapi bagaimana justru kita tidak bertindak bullying jika kita mengerti dan memahami apa artinya perbedaan.

 

Menjaga ketenangan saat waktu tidur

Ketika jam telah menunjukkan waktu untuk tidur, di mana setiap orang butuh istirahat karena besok harus bekerja, beraktivitas, maka waktu tidur adalah waktu yang tenang.

Jangan membuat keonaran baik dengan musik yang dibunyikan keras, atau mengadakan pesta di rumah. Di tambah halaman dengan musik dangdut yang demikian kerasnya hingga mengganggu tetangga .


Manfaat sikap toleransi

Toleransi antar umat beragama merupakan hal yang penting yang harus dimiliki setiap orang saat ini. Jika seseorang memiliki sikap toleransi sangat tinggi, dia akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama. Kehidupan antarumat beragama pun akan terjalin tentram dan damai.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung