Panduan Berinvestasi Syariah yang Bertanggung Jawab Saat Ramadan

Like

Prinsip Investasi Syariah


1. Halal

Investasi yang akan dilakukan oleh BE-EMERS, harus dan wajib mematuhi prinsip ini yakni investasi halal dan tidak bertentangan dengan syariat islam.

Contohnya, jika berinvestasi dalam saham, hindari investasi terhadap perusahaan yang terlibat dalam perjudian, memproduksi atau menjual alcohol dan menggunakan proses riba dalam operasional perusahaannya.



2. Etis

Investasi harus dilakukan oleh BE-EMERS dengan cara yang etis serta bertanggung jawab. Sebisa mungkin hindari instrumen investasi atau perusahaan terkait yang terlibat dalam kasus korupsi, eksploitasi pekerja, pencemaran lingkungan dan aspek tidak etis lainnya.

Baca Juga: Value Investing dalam Investasi Saham, Masih Relevankah?

 

3. Berkelanjutan

Kemudian, investasi harus BE-EMERS lakukan dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan jangka Panjang.



Pilihlah instrumen atau perusahaan investasi terkait yang memiliki komitmen terhadap tujuan jangka panjang ke beberapa aspek seperti terhadap kelestarian lingkungan dan aspek sosial.



4. Tujuan Sosial

Investasi syariah tidak semata-mata hanya bertujuan untuk keuntungan finansial saja, akan tetapi juga untuk memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

Pilihlah instrument atau perusahaan investasi terkait yang memiliki komitmen terhadap pembangunan sosial dan ekonomi.

Berinvestasi terutama pada saat bulan ramadan dapat menjadi cara yang baik dan bermanfaat untuk dapat meningkatkan finansial BE-EMERS.

Sekaligus dapat mempraktikkan nilai-nilai islam dalam praktiknya. Pastikan investasi yang BE-EMERS lakukan selalu mengedepankan prinsip dan tanggung jawab investasi syariah.


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung