Tergiur Magang Jerman Bergaji Tinggi, Mahasiswa Indonesia Terjebak Penipuan!

Like

Dana Talangan yang Merugikan

Dana talangan merupakan salah satu kekhawatiran para korban mahasiswa. Dilansir dari laman bbc.com, menurut Nita, dana talangan yang mencakup biaya awal dan tiket pulang-pergi, mencapai Rp37 juta.

Dia menyatakan bahwa gaji yang dia terima selama pekerjaannya di Jerman bahkan tidak cukup untuk membayar biaya ini, meskipun sosialisasi dari pihak penyelenggara mungkin cukup untuk membayar dana talangan. 

Pihak kampus meminta kami untuk segera membayar dana talangan, meskipun dia dan teman-temannya belum melakukannya.

Nita juga menghubungi teman-temannya yang kuliah di kampus lain namun kisah mereka berbeda. "Aku enggak akan nyebut kampus apa, tapi ada kampus yang bilang kalau mahasiswanya tidak membayar dana talang, mahasiswanya tidak boleh masuk kuliah." ujar Nita. 

Baca Juga: Fakta Menarik Soal Afiliator


Selain itu, Ambar baru-baru ini mengetahui bahwa gaji bersihnya, yang kira-kira 600 hingga 700 euro (sekitar 11,9 juta) per bulan, jauh di bawah gaji kotornya, yang kira-kira 2.000 euro (sekitar 34,2 juta).

Ambar menyatakan bahwa uangnya akan habis jika harus membayar dana talangan sebesar 24 juta rupiah.
"Saya masih menyimpan uangnya secara pribadi jika nanti ditagih oleh agen, karena sampai saat ini pihak agensinya tidak memberikan informasi yang jelas, dan bahkan jika ada orang yang bertanya, tidak ada tanggapan yang diberikan." ujarnya

Melansir dari laman kompasiana.com, Kepala Biro Humas Kemdikbud Anang Ristanto juga menyatakan, "Kepada seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, untuk menghentikan keikutsertaan pada program tersebut (Ferienjob) karena banyak ditemukan pelanggaran hak-hak mahasiswa."

Namun, hingga saat ini tidak ada yang tahu dengan pasti apa yang menyebabkan semua kejanggalan ini terjadi.



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.