Pemula dalam Berinvestasi? 5 Cara Mudah yang Bisa Jadi Panduan!

Like

4. Menetapkan Tujuan Investasi

Setelah berhasil menahan pengeluaran dan bisa menyisihkan uang untuk investasi. Sebelum memilih berinvestasi kita juga harus menetapkan tujuan investasi itu sendiri.

Agar investasi tidak menjadi sebatas wacana saja.

Baca Juga: Cuan Hingga Berkah Akhirat: Ini Rekomendasi 6 Investasi Syariah untuk Kamu!

 

5. Memahami dan Mempelajari Instrumen Investasi

Setelah empat hal yang disebutkan di atas, memahami dan mempelajari instrumen investasi penting dilakukan. Agar dapat mengetahui resiko dan keuntungan yang mungkin diraih.

Instrumen Investasi adalah wadah atau media yang dapat dimanfaatkan oleh seseorang untuk melindungi serta mengembangkan aset yang dimilikinya.


Instrumen-instrumen tersebut dapat membantu untuk mencapai tujuan finansial yang lebih baik.

Baca Juga: Investasi Emas Syariah: Keuntungan dan Teknik Berinvestasi Supaya Cuan!

 

6. Memilih Reksa Dana Syariah

Kenapa memilih investasi Reksa Dana syariah, karena jenis investasi ini dinilai cocok untuk investor pemula yang memiliki keterbatasan dana, pengetahuan dan waktu.

Sebab investasi jenis ini dapat dijangkau dengan nominal kecil, transparan juga perkembangan NAB mudah diakses dan monitor.

Reksa Dana Syari'ah juga digadang-gadang halal karena terhindar dari praktik riba, gharar dan maysir.

Demikian tips memilih investasi untuk pemula di bulan Ramadan. Jika benar-benar hendak berinvestasi sebaiknya pelajari semua hal yang terkait dengan investasi.

Tujuan baik harus menggunakan jalan yang baik pula, artikel ini hanya bersifat saran dan masukan, tidak mengarahkan siapapun untuk menentukan pilihannya sendiri. Terima kasih.

Note:
gharar atau taghrir adalah istilah dalam kajian hukum Islam yang berarti keraguan, tipuan, atau tindakan yang bertujuan untuk merugikan orang lain.

Maysir atau Qimar yaitu suatu bentuk permainan yang didalamnya dipersyaratkan, jika salah seorang pemain menang, maka ia akan mengambil keuntungan dari pemain yang kalah dan sebaliknya

#30hariramadhanbercerita


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.