Cuan Hingga Berkah Akhirat: Ini Rekomendasi 6 Investasi Syariah untuk Kamu!

Ilustrasi investasi syariah (Sumber gambar : pexels.com/pixabay)

Ilustrasi investasi syariah (Sumber gambar : pexels.com/pixabay)

Like

Investasi adalah penghematan dana atau modal dengan harapan mendapatkan keuntungan.  Saat ini pilihan instrument investasi banyak bermunculan, baik syariah maupun non syariah atau konvensional.

Bulan Ramadhan ini adalah moment yang tepat untuk berinvestasi syariah. Investasi syariah sendiri memiliki arti sebagi jenis investasi yang sesuai dengan prinsip agama Islam.

Banyak yang menganggap bahwa keuntungan investasi syariah tidak sebanyak yang non syariah, tetapi investasi syariah tetap mempunyai keunggulan seperti dalam aspek keberkahan.

Kriteria yang harus dimiliki sebuah instrument investasi syariah antara lain adalah halal baik dalam cara penggunaan dan cara perolehannya.

Baca Juga: Investasi Aman dan Menguntungkan: Kuncinya Harus Sabar dan Gabung Komunitas!


Serta tidak boleh mengandung unsur riba, Gharar (transaksi yang merugikan salah satu pihak) dan masyir (perjudian).

Ada beberapa rekomendasi instrument investasi yang memiliki prinsip syariah dan pastinya aman, diantaranya sebagai berikut



1. Saham Syariah

Saat ini investor yang ingin berinvestasi saham tidak perlu bingung untuk memilih saham apa yang syariah. Banyak pilihan saham syariah yang bermunculan.

Cara untuk mengetahuinya dapat dilihat di daftar efek syariah yang diterbitkan oleh OJK atau dengan menginstall aplikasi HISSA-Syariah saham yang ada di playstore.

Baca Juga: Mengoptimalkan Portofolio: Rekomendasi Investasi Syariah yang Berpotensi Datangkan Cuan!



2. Obligasi Syariah (Sukuk)

Saat ini merupakan saat yang tepat untuk menginvestasikan dana kita ke Sukuk, karena pemerintah mengeluarkan Sukuk Ritel dengan seri SR020 pada bulan Maret ini.

Keuntungan dari instrument ini adalah aman karena dijamin oleh negara, imbal hasil yang lebih tinggi daripada deposito dan cukup mudah untuk dilakukan.

Kelemahan dari instrument ini adalah likuiditas yang cukup rendah daripada deposito.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Investasi Syariah yang Menguntungkan dan Juga Aman

 

3. Deposito Syariah

Cukup mudah berinvestasi di instrument ini, cukup datang ke bank syariah atau bahkan saat ini banyak deposito yang dapat dibuat secara online.

Walaupun imbal hasilnya lebih rendah daripada sukuk akan tetapi sifat likuiditasnya cukup tinggi daripada sukuk.