Berencana Melakukan Investasi? 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan!

Like

Pertama, berinvestasi itu tidak diambil dari dana kebutuhan atau kewajiban setiap bulannya. Sehingga ketika berhadapan dengan risiko, maka keuangan pribadi atau keluarga tidak akan terganggu.

Kedua, usahakan melakukan diversifikasi investasi. Ada pepatah asing berkata “Dont put your eggs in one basket”, alias jangan menaruh telur dalam satu keranjang. Tentu hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko.

Ketiga, memperhatikan likuiditas, sehingga memudahkan untuk melakukan penarikan dana disaat diperlukan.

Baca Juga: Pemula dalam Berinvestasi? 5 Cara Mudah yang Bisa Jadi Panduan!

Keempat, memperhatikan risiko investasi dengan cerdas dan cermat. Jangan mudah tergoda berinvestasi karena iming-iming potensi pengembalian yang tinggi. Tetapi benar-benar memperhatikan keamanan atau legalitas, serta kenyamanan berinvestasi.


Kelima, membuat perencanaan investasi. Misalnya perlu menetapkan jangka waktu investasi, apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Jangan lupa juga untuk mengevaluasinya secara berkala.

Baca Juga: Memulai Perjalanan Investasi yang Bijak Selama Bulan Ramadhan, Begini Rahasianya

Itulah beberapa saran untuk berinvestasi. Bagaimana dengan pengalaman Anda? Barangkali bisa juga dibagikan melalui platform kesayangan kita, Bisnismuda. Dengan pengalaman tersebut, tentu ada banyak orang yang bisa memetiknya sebagai pembelajaran.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.