7 Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara yang Ada di Dunia

Like

5. Makan Bajambu di Malaysia

Jika di Indonesia ada takjil Ramadhan di Madjid-Masjid, atsu tompo di malam likuran di daerah Jawa, maka di Malaysia ada Bajambu. Yaitu tradisi makanan yang disajikan dan di santap warga bersama-sama.

 

6. Tadarus di Brunei Darussalam

Tadarusan atau membaca alquran di bulan Ramadhan tentu bagi setiap muslim melakukannya. Jika di Indonesia jamaah tadarusan dilakukan di masjid, maka di Brunei Darussalam, tadarus dilakukan dengan mengunjungi masjid-masjid dan rumah tetangga. Di rumah tetangga, ini yang membedakan dengan kita, ya.

Baca Juga: 5 Tradisi Unik di Bulan Ramadhan, Ngabuburit Salah Satunya!



7. Qatayef di Yordania

Sajian Qatayef merupakan makanan penutup yang disantap pada bulan Ramadhan. Kue berbentuk seperti pastel kemudian disusun membentuk bulan sabit, yang diisi kacang yang gurih dan ditambahkan kismis dan kayu manis. Qatayef ini juga ada di negara-negara Arab lainnya Mesir, Surianh, Palestina dll. Karena memang masih satu akar.

Hampir di setiap negara-negara mempunyai tradisi yang berbeda-beda. Namun, dari sekian banyak tradisi itu mempunyai satu kesamaan makna, yaitu makna kebersamaan dan suka cita menyambut Ramadhan.


#30haribercerita

 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? 
Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. 

Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.